Harga Minyak Negatif, Belva Devara Mundur, Kim Jong-un Sakit, Paspor Bubble Tea

81

Good morning.

It’s Wednesday, and as strange as it looks like, April is almost done. In a normal setting, the 22nd of the month is the day when you’re starting to looking forward upon receiving your paycheck. It’s when you started to think, “Where does all my money go?” and you glazed upon your new lipstick or your game voucher, and you stopped thinking. Now, the fact couldn’t be anymore clear: The government predicted that the unemployment rate will increase up to 5 million people.

So if you’ve just gotten laid off or have received a notice that your contract will not be extended, we want to tell you that we see you, and no matter how vague the future looks like, we will always try to be here for you. Every morning, at six. As always, remember that this, too, shall pass. 


What’s dropping faster than your heart after receiving a text from your crush?

Gambar: cnbcindonesia.com

The oil price.

Wait, what?
Yep, jadi kemarin, untuk pertama kalinya dalam sejarah, harga minyak mentah turun drastis sampe menyentuh posisi negatif. To give you a perspective, pada awal tahun ini, harga minyak ada di angka US$60 per barrel, namun kemarin harga minyak terjun bebas sampai minus US$30.

Whoaaa…
Begitulah. Dalam kondisi ini, maka kalau ada pembeli yang mau membeli minyaknya, maka pihak penjual lah yang harus ngebayar si pembeli. Selain itu, kalo diitung-itung, produsen minyak juga bakal lebih mendingan ngasih insentif buat pihak yang beli minyaknya karena hal ini lebih murah dibanding menutup aktivitas produksi.

Dude, seriously? Minyak segitu nggak ada harganya?
Well, now think about this: Dengan adanya pandemi Covid-19, semua jadwal penerbangan kamu di-cancel, orang-orang nggak ada yang travelling, nggak ada yang pake mobil, which means kebutuhan masyarakat akan minyak jadi berkurang. Meanwhile, produksi minyaknya terus berjalan, hingga makin lama, stoknya kebanyakan, tapi nggak dipake.

Makanya harganya turun drastis?
Smart cookie. Selain itu, situasi ini juga diperparah dengan menumpuknya cadangan minyak di mana-mana karena minyaknya nggak dipake tadi. Sejauh ini, storage aka tempat penyimpanan minyak di Karibia, Afrika Selatan, Angola, Brasil, hingga Nigeria udah diprediksi bakal penuh dalam beberapa hari ke depan.

Terus, emang pemerintah negara-negara penghasil minyak nggak melakukan apa-apa soal ini?
Udah. Inget nggak beberapa hari lalu kita bahas soal persetujuan OPEC+ untuk mengurangi produksi minyaknya sampe mencapai 9,7 juta barrel di sini? Namun ternyata, kebijakan ini baru akan dimulai bulan depan, and by then, diprediksi bahwa tempat-tempat penampungan minyak di berbagai negara udah bakal mencapai full capacity.

OK. Anything else I should know?
Nah, secara harga minyak global turun drastis, kamu kepo nggak, kenapa di tanah air, harga minyak masih belum turun? Kalo kata Dirut Pertamina Ibu Nicke Widyawati, Pertamina ini kan BUMN, maka penentuan harganya ngikutin formulasi dari pemerintah. Selain itu, sebagai BUMN, Pertamina juga diwajibkan untuk beli minyak mentah di dalam negeri, yang harga produksinya justru lebih mahal dibandingkan impor.


Who’s just handed in his resignation letter?

Gambar: cnbcindonesia.com

CEO Ruangguru Belva Devara.
Yep. Jadi kemarin, in a not-so surprising announcement yang dilakukan lewat akun Instagramnya, CEO Ruangguru yang juga staf khusus millennial kepresidenan ini mengumumkan pengunduran dirinya.

Dari?
Dari posisinya sebagai staf khusus millennial Presiden Jokowi. Dalam postingan Instagramnya, Belva bilang bahwa dia memilih untuk mundur dari posisinya sebagai stafsus karena nggak mau bikin pembahasan soal jabatannya itu menjadi polemik yang berkepanjangan, hingga bikin konsentrasi Pak Jokowi dan jajarannya dalam menghadapi Covid-19 jadi terpecah.

I need some background, please…
So we assumed you’ve been logging out of Twitter for a while? Anyway, jadi awalnya, sekitar minggu lalu, rekan Belva di stafsus, namanya Andi Taufan, ramai jadi perbincangan di media karena mengirimkan surat ke lurah di seluruh Indonesia untuk melibatkan perusahaannya, namanya Amartha, dalam upaya penanggulangan Covid-19 di desa-desa. Hal ini memunculkan isu conflict of interest karena Taufan dianggap menggunakan posisinya sebagai stafsus untuk menunjuk perusahaannya sendiri…

And what does it have to do with Belva?
Well, as a reminder, inget nggak bahwa tahun lalu pas zamannya Pilpres, Pak Presiden Jokowi memperkenalkan program Kartu Pra Kerjanya? Nah, program ini merupakan program bantuan biaya pelatihan buat warga Indonesia yang nggak punya kerjaan atau baru di-PHK. Bentuk bantuan biayanya adalah, si penerima program tadi bisa milih kelas pelatihan mana aja yang mau mereka pelajari via online. 

Go on…
Nah, tentunya untuk ngadain kelas-kelas ini, pemerintah kemudian kerjasama dong, sama platform penyedia layanan, yang salah satunya adalah Skill Academy dari Ruangguru. Sebenernya, selain Skill Academy, ada tujuh platform lain gengs yang juga menyediakan layanan kelas online; kayak maubelajarapa.com, Tokopedia, Bukalapak, Sekolahmu, Pijarmahir, dll.

Terus…
Nah, keterlibatan Skill Academy dalam program Kartu Pra Kerja ini tentunya bikin isu conflict of interest makin kencang terdengar di masyarakat. Belva sendiri sebenernya udah menyampaikan penjelasannya lewat Twitter minggu lalu terkait isu ini. Belva bilang, dirinya nggak ikut dalam pengambilan keputusan apa pun terkait program Kartu Pra Kerja yang bekerjasama dengan Ruangguru. Selain itu, program ini juga udah ada sebelum Belva ditunjuk jadi stafsus…

Whoaaa now I got it.
Iya, kan? Nah, tapi of course, isunya nggak hilang begitu saja. Beberapa hari lalu, peneliti ekonomi dari INDEF, Bhima Yudhistira, bahkan menantang Belva debat terbuka soal Kartu Pra Kerja ini.

So, he decided to resign?
Yep. Belva bilang, dia udah menyampaikan surat pengunduran dirinya ke Pak Jokowi sejak 15 April lalu.

Terus Pak Jokowi sendiri ada komentar nggak?
Well, kalo kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Mas Pramono Anung, Pak Jokowi udah menerima surat pengunduran diri Belva dan memahami alasan Belva untuk mundur. Selain itu, Mas Pram juga bilang bahwa sebenarnya, keikutsertaan Ruangguru dalam program Kartu Pra Kerja udah berjalan sesuai aturan. Karenanya, nggak ada konflik kepentingan dalam program tersebut.


For when you miss out on a family event…

Gambar: cnnindonesia.com

We understand. Kadang, emang lebih enak ngumpet daripada ditanya “kapan nikah?” terus-terusan sama sodara yang cuma ketemu setahun sekali. But that’s not the case for pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Hah gimana maksudnya?
Iya… jadi Kim Jong-un ini tertangkap kamera nggak ikut menghadiri perayaan ulang tahun mendiang kakeknya, Kim II-sung yang digelar pada 15 April lalu. Nah, secara mendiang Kim Il-sung ini adalah pendiri Korea Utara, maka ulang tahunnya adalah hari nasional yang paling penting di sana, dan dalam hari peringatan itu, Kim Jong-un was nowhere to be seen…

Why?
Yha nggak tau, pastinya sih bukan karena males ditanya “kapan nikah?” kayak kamu, mehehehe. Menurut info dari intel Amerika Serikat, ketidakhadiran Kim Jong-un ini ada hubungannya dengan kondisi kesehatannya yang menurun. Laporan lain menyebutkan bahwa Jong-un abis menjalani prosedur operasi, dan saat ini tengah ada dalam kondisi yang “berbahaya.”

Whoaaa emang dia sakit apa?
Menurut media Korea Selatan, Daily NK, Jong-un mengalami gangguan jantung karena obesitas, kebanyakan ngerokok, dan kebanyakan kerja. Karena kondisi inilah, Jong-un katanya udah menjalani operasi pada 12 April lalu.

I see, and… ?
Setelah menjalani prosedur operasi itu, Jong-un saat ini tengah menjalani proses pemulihan di villanya yang terletak di Hyangsan County. Meski begitu, perlu kamu ingat bahwa semua ini masih spekulasi ya gengs, karena emang belum ada sumber resmi dari Korea Utara yang mau memberikan keterangan. Meski begitu, in general, Kim Jong-un memang diketahui punya masalah jantung karena obesitas dan kebiasaannya merokok.


For when bubble tea is the love of your life…

Gambar: mcusercontent.com

Put it as your passport cover. 
Yep, itu ide yang di-propose sama seorang politisi asal partai progresif di Taiwan, namanya Chung Cia-pin, saat menggelar meeting dengan kantor Kementerian Luar Negeri di negaranya untuk bahas soal rencana penggantian cover passport buat para warga negara Taiwan.

Jadi dalam meeting tersebut, Chung mengajukan tiga alternatif pilihan cover: Yang pertama, pake logo nasional negara kayak passport yang berlaku sekarang; kedua, pake logo peta Taiwan; dan ketiga, pake gambar bubble tea yang melambangkan minuman nasional di negara tersebut.

Ide yang ketiga tentunya langsung mendapat sambutan hangat dari pada netizen yang bilang bahwa cover-nya bakal jadi cute banget kalo pake gambar bubble tea. Selain soal gambar, Chung juga mengusulkan biar nama “Republic of China” yang ada di paspor sebelumnya dihapuskan dan cukup diganti dengan “Taiwan Passport” aja. Alasannya, para petugas imigrasi di negara lain sering ketuker dan menganggap warga negara Taiwan itu warga negara China. Padahal bukan gengs…


“As you can see, I’m a disaster in everything. But I’m trying hard.” 

Gitu kata atlet tenis asal Spanyol, Rafael Nadal, saat lagi coba-coba bikin Instagram Live sama rekan sesama atletnya, Roger Federer. Rafa yang baru pertama kali bikin IG Live itu mengakui bahwa dia kebingungan saat menggunakan fitur tersebut dan bikin dirinya diketawain sama atlet lain yang ikutan live, yaitu Federer dan Andy Murray.

Raise your hand if you’re like Nadal when you let your microphone on during the video meeting…


Angel’s Stories 

1.

Beberapa waktu yang lalu, udah agak lama sih, aku kehabisan bensin di jalan malem-malem. Waktu itu lagi mau nyari makan malem. Udah lah laper banget, mesti dorong motor lumayan jauh. Eh tiba-tiba disamperin dua orang mas-mas, dibawain bensin pake botol gitu. “Kehabisan bensin ya, Mbak? Ini kami bawain bensin. Tadi kami liat mbaknya nuntun motor jadi kami cariin bensin soalnya ini masih jauh tempat jual bensinnya.” Terus udah kasih bensin, mereka langsung pergi, gak mau diganti. Jadi terharu banget dan selalu inget kejadian ini. FYI, ini kejadiannya di Jogja, dan sering banget denger cerita semacam ini di Jogja. Emang lah orang Jogja ini baek-baek bangetlah.
– Ay, Jogja –

2. Hi, Catchers! Jadi kan kita tau nih belakangan banyak banget pihak yang terdampak karena adanya wabah corona ini, mulai dari pengusaha sampe yang usaha kecil-kecilan. Dan karena ini, beberapa hari lalu temenku dan keluarganya berinisiatif untuk membagikan nasi bungkus buat orang-orang yang kerja atau berdagang di jalan, kayak tukang asong, ojek online/ojek pangkalan, atau pun abang angkot, setelah sebelumnya temenku ini bagi-bagiin hand sanitizer gratis buat temen-temennya. Berbekal dari uang pribadi dan uang titipan donasi dari temen-temennya yang lain, dia bikin sekitar 100-an nasi bungkus yang kemudian dia bagi-bagikan bareng ayahnya. Dia cerita bagiin nasi bungkusnya di sore hari, dan sempet ngobrol sama salah satu abang ojek sambil nemenin abangnya makan. Dia bilang, dia sampe terenyuh liat abangnya makan lahap banget. Ya intinya, dunia butuh lebih banyak orang baik, maks jadilah salah satunya 🙂
– Tari –
3. Jadi sebulan lalu gue jalan kaki panas-panas jam 11 siang di Jalan Merr Surabaya, random aja sih dari Burg*r K*ng mau ke L*bby yang jaraknya cuman 600 meter. But u know lah surabaya kan pusanaaasss buangeeett ngeet yak, jadi ya lumayan juga. Terus tiba-tiba pas gue lagi panas-panasan jalan kaki ada ibu-ibu naik motor dan menepi ke gue. Dia bilang, “Mbak, ayo sini saya anter.” Terus kan gue kaget ya, gue bilang, “Gak, Bu. Gak apa-apa, gak usah. Makasih, saya udah deket kok.” Terus si ibu bilang lagi, “Maaf ya, Mbak” gituu. Gue gak tau sih what does it mean, tapi intinya dia kayak sedih gitu gak bisa nolong gue 🙂
– Nor, Sby –

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

Ever wondered what can or can’t you do during PSBB? Boleh, enggak ya? Find out here.