Durian Gundul

170

For when you’ve been living by “good things come to those who wait” mantra….

Gambar: sea.mashable.com

Meet SiĀ Gundul.
Yang merupakan durian asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang tumbuh tanpa duri. Jadi, si gundul ini pertama kali ditemuin di Dusun Trenggaluh, Desa Batu Mekar, Lombok Barat pada 2007. Sejak saat itu, pohon ini berbunga, namun selalu gugur sebelum berubah jadi buah.

Nah, kali ini, setelah melewati banyak usaha perawatan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian NTB, Si Gundul berhasil berbuah, dan menurut tim observasi yang pernah nyobain Si Gundul, katanya rasanya manis dan daging buahnya lebih tipis dari biasanya. Sampai saat ini, belum diketahui juga kenapa Si Gundul ini bisa gundul, tapi FYI, karena penemuan ini terbilang langka, Si Gundul kemudian tercatat sebagai varietas lokal Lombok.

Dinas Pertanian NTB juga berharap biar Si Gundul ini bisa ditanam secara massal, supaya bisa jadi ciri khas Lombok. Ketika tau Si Gundul ini akhirnya “sukses” berbuah, tim dari Dinas Pertanian NTB juga jadi hepi banget, karena akhirnya mereka bisa membuktikan pada pengunjung bahwa durian gundul ini emang beneran ada dan bukanĀ hoax.

So, should we still call it durian, then?