Covid-19 dan Kemiskinan, Dampak Corona, Elizabeth Warren supports Biden, Masker Louis Vuitton

98

Oh! It’s Friday again…

We’re all supposed to be cheerful welcoming Friday as it used to be our most favorite day of the week where we could hangout with friends after work, but for the past four weeks or so, it just doesn’t feel the same anymore. How many after-work catch ups have you missed? Or Friday prayers, for our Muslim brothers? Let’s just hope this ends soon and pray that life would soon resume to normal (but how normal can life be after this?).

Anyhow… let’s welcome Friday with Dataviz instead!


Another weekend, another corona Dataviz.

Hari ini, Dataviz bakal ngebahas soal efek Covid-19 yang langsung terasa banget sama dompet kamu, apalagi kalo bukan: kemiskinan. You heard all the stories: angka pengangguran yang makin bertambah, bisnis yang sales-nya turun drastis, satu per satu perusahaan yang gulung tikar, sampe pertumbuhan ekonomi yang melambat hingga bikin Menkeu Ibu Sri Mulyani khawatir kita bakal resesi.

Speaking of kemiskinan, penyebaran virus Covid-19 ini juga jadi semakin mengkhawatirkan jika menyebar di daerah-daerah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi karena hal ini akan makin melemahkan perekonomian. Nah, di mana aja sih daerah dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Indonesia? Cek, deh, yuk!


When coronavirus affects all walks of life…

Gambar: tirto.id

We know that you’ve had enough of corona-related news, but somehow since *almost* all sectors are hit, we can’t help but to report it…

What is it this time?
Well, udah pada denger dong, beberapa bantuan dari pemerintah untuk mengatasi dampak dari virus corona? Misalnya, cashback bensin untuk para pengemudi ojek online aka ojol yang diselenggarakan oleh Pertamina.

Ok, terus…
Nah, ternyata banyak sektor lain yang juga butuh bantuan ekonomi gengs. Contohnya, sektor pariwisata, industri kreatif, angkutan umum, and many more. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pak Wishnutama yang menyebut bahwa devisa dari sektor wisata tahun ini kemungkinan bakal hilang sampai setengahnya.

Whoaaa..
Yep. That’s a lot, rite? Anyway,
 perbandingannya, jika tahun lalu devisa negara yang dihasilkan dari sektor pariwisata adalah sekitar US$20 miliar, maka tahun ini diperkirakan cuma setengahnya. Kalau dari segi jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia aja, tahun lalu ada 16 juta, sedangkan tahun ini mungkin hanya sekitar 5 juta.

I heard some bad news about hotel rooms too…
Yep, that too. Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pak Hariyadi Sukamdani bilang, kalau ada sebanyak 1.266 hotel yang terpaksa tutup akibat corona. Jadi, ada sekitar lebih dari 150 ribu orang karyawan yang juga kena dampaknya. So far, beberapa hotel nyoba cara lain untuk dapet pemasukan, kayak nyediain paket isolasi diri, pesan antar makanan, jasa benerin AC, jasa laundry, jasa cleaning service, and apa aja yang bisa bikin bisnisnya tetep jalan. Selain itu, PHRI juga bilang kalau banyak restoran yang terpaksa tutup.

I see…. selain hotel, ada apa lagi?
Jasa angkutan umum juga kena pastinya. Siapa yang sebelum corona masih sering naik angkot? Kebayang dong sepinya kayak gimana di era social distancing kayak sekarang? Terkait hal ini, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Pak Shafruhan Sinungan bilang, kalau penumpang sepi, angkutan umum yang berkeliaran di DKI Jakarta nggak sampai 10%. Otomatis, pengusaha angkutan umum beserta timnya aka buruh harian juga kena dampak.

What about the entertainers and fashion industries?
They’re also affected so hard. Para seniman dan budayawan juga kena secara banyak kerjaannya yang dibatalkan. Selain itu, industri fashion lokal di Indonesia juga lesu, karena offline store mereka kan pada tutup, jadi ya gak ada pemasukan. Hiks.


For when you say “I do” to a proposal…

Gambar: cnn.com

Elizabeth Warren would accept Joe Biden’s VP nod.
Yep, kita lagi ngomongin soal Pilpres Amerika Serikat ni gengs. Jadi baru-baru ini, Partai Demokrat baru aja nentuin siapa calon kandidat presiden dari partainya, yaitu Joe Biden.

I heard about him.
Of course, dong. Selain merupakan mantan wakil presiden di era Barack Obama, nama Biden juga cukup rame disebut sepanjang tahun lalu karena terkait dengan drama-drama impeachment Trump. Now that those days are in the past, Biden is eyeing on the future, aka winning the race to the America’s commander in chief aka presiden.

Go on.
Biden hampir dipastikan bakal jadi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat setelah berhasil mengalahkan lawan-lawannya di konvensi partai tersebut. Nah, salah satu lawan Biden yang kini udah nge-endorse beliau untuk jadi capres adalah senator dari Massachusetts, Elizabeth Warren. Speaking of Warren, kemarin dia bilang, kalo Biden ngajak dia untuk jadi cawapres, dia bakal mengiyakan.

Kayak aku kalo tiba-tiba diajak nge-date sama gebetan ya…
Tossss. Jadi kata Warren, secara dia udah gak jadi bacapres, dia mau aja mendampingi Biden sebagai cacwapres, toh mereka berdua punya tujuan yang sama…

Tuh kan, itu aku banget sama si dia.
Hiks… WFH jadi kebanyakan curcol ya, kak? Tujuan yang dimaksud sama Warren ini adalah tujuan dalam membangun Amerika Serikat yang baik bagi semua warganya. Karena itu, Warren bilang bahwa dia bakal membantu “in any way I can”. Gitu.

Ooh. Terus emang Joe-nya mau?
Masih pilih-pilih. Tapi yang pasti, Joe bilang bahwa dirinya bakal mencari cawapres perempuan, dan dia juga terbuka untuk memilih salah satu mantan pesaingnya di Demokrat. Nah, di Konvensi Partai Demokrat itu ada tiga cewek gengs, yaitu Amy Klobuchar, Kamala Harris, dan Elizabeth Warren.

Can you guess whom he would choose? Kok jadi kayak The Bachelor?!


For when you sing “we never go out of style, we never go out of styleee”.

Gambar: cnnindonesia.com

You got that James Dean, day dream… eh salah deng. Maksudnya, you got that Louis Vuitton mask. 
Jadi kenalan nih gengs, sama Kristen Noel Crawley, owner produk make-up di AS, yang nge-upload fotonya pake masker Louis Vuitton sejak awal tahun lalu. Namun, karena sekarang banyak negara yang menggalakkan pemakaian masker, foto Kristin jadi viral nggak lain nggak bukan adalah karena maskernya yang nyentrik itu.

Gara-gara foto ini, jagad Twitterverse jadi rame dengan komentar para netizen yang menyebut bahwa masker tersebut bukan melindungi diri dari corona, tapi merupakan masker pengusir kemiskinan. Selanjutnya, Louis Vuitton menyebut bahwa maskernya itu emang nggak diproduksi untuk konsumsi. Kristen sendiri bilang masker itu merupakan ‘custom’ atau diproduksi berdasarkan pesanan aja.

Nah, terkait wabah corona, Louis Vuitton juga memutuskan buat memproduksi massal non-surgical face masks buat ngebantu tenaga kesehatan di Perancis melindungi diri dari virus corona. Mereka juga mengubah sejumlah workshops nya di berbagai daerah di Perancis jadi tempat produksi ribuan masker buat dibagiin ke rumah sakit secara gratis.


“Saya yakin pandemik Covid-19 berakhir pada akhir tahun.”

Gitu kata Pak Jokowi pas ngasih arahan di rapat terbatas mengenai mitigasi dampak Covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, langsung di YouTube channel Sekretariat Presiden, Kamis kemarin. Beliau bilang kalau pemerintah harus ningkatin optimisme, especially di sektor pariwisata. Katanya, setelah pandemik Covid-19 berakhir, pariwisata bakal booming lagi.

Wake me up when 2020 ends…


Angel’s Stories 

1. Jadi aku beli makan siang dengan ojol, kebetulan merchant itu bantu ojol dengan nyediain makanan yang bisa kita belikan untuk #bantuojolpulang yang membuat driver bisa makan dan pulang lebih cepat di tengah wabah Covid-19 ini. Waktu nyampe, aku berikan ke bapak itu dan belikan es teh juga, dan dia senang banget langsung bilang, “Alhamdulillah” (maaf kalau salah tulis). Di situ hati saya tersentuh banget lihat mata bapaknya berbinar senang. Dia langsung nundukin kepalanya dikit dan bilang makasih berkali-kali, padahal tujuan aku hanya ingin berbagi makan. Di situ aku jadi makin sadar bahwa setiap hal kecil yang kita miliki dan mau kita bagi bisa jadi berkat besar buat orang lain. Jadi jangan lupa untuk mengucap syukur dan selalu berbagi, karena “sharing is caring”.
– M.M. Jakarta –

2. Aku dikasih tau papa kalau uang kos udah dibayar. Aku bilang, “Wah sayang banget padahal bisa dinego harganya”. Papa bilang, “Dinego gimana?” Aku bilang, “Ya, biaya listrik, karena kayanya April ini ngga akan ditinggalin kosku di Jakarta itu”. Lalu papa bilang, “Gak apalah buat tante kos uangnya. Kasian dia juga pemasukannya berkurang karena kantor-kantor WFH.” Padahal papaku ini pengusaha dan pendapatan dia juga berkurang karena physical distancing :”)
– Anonymous –

3. Aku cuti melahirkan dari bulan Januari di rumah orang tua dan karena periode #stayathome diperpanjang makinlah lama di rumah. Aku jadi punya waktu beresin rumah orang tua dari baju-baju aku yang zaman sekolah SD sampe baju zaman kerja sebelum pindah rumah pas udah nikah (kebayang ga itu banyaknya segimana), dan buku-buku zaman aku sekolah. Pagi ini, beberapa karung baju dan beberapa dus buku aku taro di depan rumah dan pas banget ketemu sama pemulung. Aku panggil nanyain mau ga ambil barang bekas itu, ternyata dia seneng banget. Dia bilang dia mau langsung pulang untuk bisa kasih anaknya baju dan anaknya bisa belajar juga. Alhamdulillah, gudang rumah orang tua lebih beres dikit dan bikin bapak pemulung pulang lebih cepat.
– Nugi –

4. Dari kemarin bokap udah bilang uang jajan bulanan gw bakal dipotong. Ya gw ga pake protes langsung ikhlas-ikhlas aja sih, kondisi ekonomi sekarang ini kan pasti berpengaruh ke dia juga. Eh tadi pagi dia bilang, “Ayah udah transfer kamu, tapi dipotong ya. Sisanya ditransfer ke rumah yatim. Udah diniatin jadi sedekah kamu.” Gw seneng bgt asli. Selain help others, kita juga bisa help others helping others.
– Anon – 

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

This ambulance driver can’t hold back his tears while telling us how he buries tens of coronavirus patients every day, without friends and family bidding final farewell.