Corona Updates: Global dan Nasional per 20 April 2020

70

It’s your weekly corona briefing. Yep, still.

Gambar: kumparan.com

It’s week 1.215.261 since we gave you weekly briefing on corona, and today, let’s start from…

Around the world.

  • The total number of coronavirus di seluruh dunia udah menyentuh angka dua juta jiwa, atau lebih tepatnya, 2.345.633 kasus. The virus is now found in every continent except Antarctica, dan negara dengan kasus Covid-19 terbanyak saat ini adalah Amerika Serikat dengan 735.287 kasus, diikuti Spanyol dengan 195.944 kasus, dan Italia dengan 175.925 kasus.
  • Breaking news from our neighbor across the pond, aka Singapore. Jadi Sabtu kemarin, Singapura mengumumkan kasus baru Covid-19 sebanyak 942, dan itu merupakan angka kenaikan terbanyak dalam satu hari sejauh ini. Menurut otoritas kesehatan Singapura, mayoritas penyebaran Covid-19 terjadi di antara para pekerja migran yang tinggal di asrama-asrama yang padat di Singapura. Catatan juga menunjukkan bahwa dari 900an orang itu, hanya 14 orang yang berstatus warga Singapura atau permanent residence, sisanya adalah migrant workers dari negara-negara lain kayak Bangladesh, India, dll.
  • Pada bulan Ramadan nanti, Pakistan rencananya akan membuka kembali masjid-masjid dan warga diperbolehkan untuk beribadah di sana. Meski begitu, pemerintah Pakistan udah mengatur bahwa kalo emang warganya pada mau ke masjid, mereka wajib pake masker, dan masjidnya juga bakal dijaga sama polisi untuk memastikan physical distancing.
  • Sabtu kemarin, angka pasien yang terinfeksi Covid-19 di Jepang mencapai lebih dari 10 ribu orang. Padahal pada 1 Maret lalu, angkanya masih berada di di 243 kasus. Dengan perkembangan baru ini, pemerintah Jepang memperluas status state of emergency-nya dari awalnya hanya berlaku di tujuh prefectures menjadi di seluruh negeri.
  • Perkumpulan ulama senior di Arab Saudi menyerukan umat Islam di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah bulan suci Ramadan di rumah masing-masing aja. Para ulama juga menyebut bahwa umat Muslim sebaiknya tinggal di rumah masing-masing dan “bertindak untuk meyelamatkan orang banyak adalah tindakan yang yang berpahala dan mendekatkan manusia dengan Tuhan.”
  • Iran telah membuka sebagian daerah di ibu kota mereka, Tehran.  Selain itu, “low-risk” bisnis seperti toko-toko, pabrik, dan gudang-gudang penyimpanan juga udah diperbolehkan untuk kembali beroperasi.

Meanwhile, in Indonesia:

  • Sampai kemarin, total kasus positif di Indonesia adalah 6.575 kasus positif, 582 meninggal, dan 686 orang sembuh. Selain itu, saat ini ada 178.883 ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan 15.645 PDP (Pasien Dalam Pengawasan).
  • So far, kasus tertinggi tetap ada di DKI Jakarta dengan 3.032 kasus, lalu Jawa Barat (696 kasus), dan Jawa Timur (590 kasus).
  • Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan agar umat Muslim nggak melakukan ziarah kubur dulu selama Ramadan. Hal ini dilakukan demi menghindari penyebaran virus corona selama bulan suci tersebut.
  • Survei yang dilakukan oleh Median menyatakan bahwa 75,4 persen publik menyetujui jika Jokowi-Ma’ruf memberlakukan pelarangan mudik demi menghindari penyebaran Covid-19 di daerah.
    .
  • Seiring dengan larangan physical distancing, Kementerian Agama menggelar manasik haji secara online aka daring. Manasik yang biasanya dilakukan dengan cara tatap muka ini akhirnya diputuskan untuk digelar secara online, dan Kemenag akan melakukan realokasi anggaran terkait kebijakan ini.
  • Menjelang Ramadan, Kemenag juga menegaskan bahwa selama pandemi corona, warga diwajibkan beribadah di rumah. Meski bakal beda banget dengan tahun-tahun sebelumnya, Kemenag tetap meminta umat Islam untuk menyambut Ramadan dengan penuh suka cita.
  • Mulai hari ini, MRT Jakarta akan menghentikan operasi atas tiga stasiun; yakni stasiun ASEAN, Stasiun Blok A, dan Stasiun Haji Nawi. Selain itu, jarak waktu tunggu antara masing-masing keberangkatan akan diperpanjang menjadi 30 menit sekali.
  • Hasil survei yang dilakukan oleh SMRC menyatakan bahwa 77 persen warga terancam penghasilannya sejak pandemi corona terjadi di Indonesia. Hasilnya, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan pemerintah pun berpotensi dilanggar akibat kondisi tersebut.

See you again next week!