Corona Global dan Nasional Updates

542

Monday always starts with your coronavirus round up. We’ll be gentle, we promise.

Gambar: kompas.com

Yep, it’s your coronavirus roundup. Let’s start with the stories from home…

  • Per kemarin, jumlah total kasus corona di Indonesia ada 8.882 kasus, dengan 1.107 pasien yang sembuh, dan 743 pasien yang meninggal.
  • Sejauh ini, ada 282 kabupaten/kota yang terinfeksi, dan paling tinggi ada di DKI Jakarta dengan 3.798 kasus positif.
  • Pekan Olahraga Nasional (PON), yang rencana awalnya bakal dilaksanain di Papua pada Oktober 2020, kini resmi ditunda oleh Presiden Jokowi.  Rencananya, PON bakal ditunda sampe Oktober 2021.
  • “Ga boleh mudik, ga boleh mudik,” kini bukan imbauan aja, gengs. Udah mulai banyak daerah yang memberlakukan kebijakan tegas soal larangan mudik, salah satunya Sumatera Barat yang kemarin baru aja mengumumkan ditutupnya seluruh perbatasan provinsi tersebut untuk seluruh kendaraan. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bilang, kalo ada kendaraan umum maupun pribadi yang nekat masuk, maka mereka bakal disuruh puter balik.
  • Ga cuma di Sumbar, kendaraan yang disuruh putar balik juga banyak terjadi di Jabodetabek. Jadi kemarin, Dirlantas Polda Metro Jaya menyebutkan, ada 2.909 kendaraan yang disuruh puter balik karena nekat mudik keluar dari Jabodetabek. Adapun para kenderaan ini pada dicegat saat akan melalui tol Cikarang Barat dan Tol Bitung.
  • Di Jawa Tengah juga ni gengs, di mana dalam operasi candi yang dilakukan sama polda setempat, diketahui ada 463 kendaraan yang disuruh puter balik dan nggak boleh masuk wilayah Provinsi Jateng.

International Updates:

  • Saat ini, total kasus Covid-19 di seluruh dunia mencapai 2,9 juta kasus dengan 200.000 jumlah kematian.
  • Negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat dengan kasus positif sebanyak 954.182 orang dan jumlah kematian sebesar 54.573.
  • Ada kabar baik dari Vietnam, nih mulai Kamis (24/4) kemarin. Vietnam udah melonggarkan aturan tentang social distancing
    Advertisement
     karena hasil tes menunjukkan bahwa udah nggak ada lagi infeksi baru selama enam hari berturut-turut. Sejauh ini, Vietnam “cuma” memiliki 268 kasus Covid-19 dengan tanpa kematian *clap clap*.
  • Di Italia, Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan bahwa pemerintahannya bakal kembali membuka industri manufaktur pada 4 Mei mendatang. Kebijakan ini dikeluarkan sebagai bagian dari rencana pemerintah untuk melonggarkan aturan lockdown.
  • Kemarin, Raja Salman dari Arab Saudi baru aja mengeluarkan aturan yang memperlonggar larangan untuk keluar rumah, kecuali di Mekkah. Sebelumnya, Arab Saudi memberlakukan larangan keluar rumah selama 24 jam. Namun kini, warga boleh keluar sejak jam 9 pagi sampe jam 5 sore, dan mall serta toko retail juga udah mulai boleh buka sejak 29 April hingga 13 Mei mendatang.
  • India juga baru aja mengeluarkan aturan yang membolehkan toko-toko tertentu mulai muka, setelah negara tersebut memberlakukan aturan lockdown nasional selama satu bulan lamanya.
  • Di Wuhan, Tiongkok, otoritas setempat mengabarkan bahwa seluruh pasien Covid-19 udah keluar dari rumah sakit dan udah nggak ada lagi kasus baru.
  • Direktur Bank Dunia Carolina Sanchez-Paramo memprediksi bahwa pandemi Covid-19 akan membuat 49 juta orang di seluruh dunia masuk ke dalam level kemiskinan ekstrim pada tahun 2020. Adapun wilayah yang bakal paling banyak mengalami penambahan kemiskinan baru adalah Sub-Sahara Afrika, dengan jumlah penambahan sebesar 23 juta orang. Solusinya? Kata World Bank sih ngasih dukungan fiskal ke rumah tangga yang rentan (kayak Bantuan Langsung Tunai/BLT) gitchu.
Advertisement