Bentrokan Polri-TNI di Papua

80

What makes you think “Now? Among any other times?”

Gambar: cnnindonesia.com

This bentrokan antara TNI-Polri.

Bentrokan apa? 
Iya, jadi hari Minggu kemarin terjadi bentrokan antara Polri-TNI di Kasonaweja, Distrik Mamberamo Tengah, Papua. Akibat dari bentrokan ini, ada tiga orang polisi yang tewas dan dua orang lainnya luka-luka.

Kenapa kok bisa bentrok? Background please…
Jadi menurut Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, bentrokan ini disebabkan oleh kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Lebih jauh, IPW aka Indonesian Police Watch menyebut bahwa bentrokan ini diduga terjadi karena adanya masalah soal sewa menyewa motor. Intinya gara-gara masalah salah paham ini, bentrokan pun terjadi.

Ok. Terus?
Pasca insiden ini, Pak Kapolda kemudian mengimbau para anggotanya untuk tetep tenang dan nggak mudah terhasut. Selain itu, beliau juga menyebut bahwa semua senjata yang dipegang personelnya di Mamberamo Raya sudah ditarik dan diamankan untuk menghindari adanya aksi balasan.

Kalo dari TNI ada pernyataan nggak?
Ada dong. Dalam keterangannya, Pangdam Cendrawasih Mayjen Herman Asaribab menyatakan permintaan maafnya atas tewasnya tiga anggota kepolisian dalam bentrok tersebut. Pak Herman juga bilang, siapapun yang terlibat dalam bentrokan ini akan dijatuhi hukuman sesuai aturan yang berlaku.

Olrite. Anything else I should know?
Yep. Jadi insiden bentrokan yang hingga menyebabkan hilangnya tiga nyawa ini juga disesalkan oleh Wakil Ketua MPR Bambang Soesatyo. Menurut Bamsoet, apapun dalihnya, aparat yang harusnya berperan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tidak dibenarkan larut dalam pertikaian.