Andi Taufan Mundur

88

Who’s singing “Bye bye bye”?

Gambar: mediaindonesia.com

Easy peasy: N Sync.
Mehehe, nope. We’re talking about Andi TaufanJadi minggu lalu, ada satu lagi anggota staf khusus millennial kepresidenan yang akhirnya memutuskan untuk cabs dari jabatannya sebagai stafsus, yakni Andi Taufan, yang juga CEO Amartha.

Whoa.. Tell me more.
You got it. Jadi dalam keterangannya, Taufan bilang bahwa surat pengunduran dirinya itu udah disampaikan ke Presiden Jokowi pada 17 April lalu dan udah disetujui. Dalam suratnya, Taufan mengatakan bahwa dia pengen fokus mengabdi di sektor pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

I feel like I heard his name A LOT lately.
Yep, that’s because of a letter. Jadi, beberapa waktu terakhir ini, Taufan emang lagi menuai krtik karena suratnya yang ditujukan kepada camat seluruh Indonesia dan berkop Sekretariat Kabinet. Dalam suratnya itu, Taufan menjelaskan bahwa  Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi lagi ada program namanya “Relawan Desa Lawan Covid-19”. Untuk menjalankan program ini, maka Amartha, which is perusahaannya sendiri, udah menyampaikan komitmennya untuk turut berpartisipasi. Catch Up! more on the story here. 

I see…And then?
Nah, sejak surat itu beredar, banyak kemudian yang meminta Taufan mundur dari jabatannya sebagai stafsus dengan alasan conflict of interest. Bahkan, mantan pimpinan KPK Laode M Syarif ikut mendesak Taufan untuk mundur dari jabatannya karena hal yang dilakukan Taufan itu merupakan “tangga” menuju korupsi. Selain Laode, anggota komisi III DPR dari Fraksi Demokrat, Hinca Pandjaitan, juga mendesak Taufan untuk mundur. Menurutnya, tindakan Taufan itu nggak bisa ditolerir lagi.

Terus, Pak Jokowi ada komentar nggak?
Ada donk, secara dia bosnya. Jadi dalam keterangannya minggu lalu, Pak Jokowi menyebut bahwa dirinya udah menerima pengunduran diri Taufan dan CEO Ruangguru, Belva Devara. Pak Jokowi menilai, keduanya merupakan anak muda yang brilian, cerdas, dan punya reputasi dan prestasi yang sangat baik. Karenanya, beliau yakin kedua mantan stafsus milenialnya itu bakal sukses terus di bidangnya masing-masing.