What’s on 2020 International Women’s Day?

93

Welcome back, Monday. It’s finally sunny, and we have something inspiring for you to start your week…

Gambar: Jakarta Post

Because yesterday was International Women’s Day.

What is it?
Jadi International Women’s Day yang juga disingkat IWD ini adalah hari yang dirayakan di seluruh dunia to recognize not only achievement made by women, but also to shed some lights on things standing their way (read: sexual harrassment, objectification, unfair pay, violence towards women, gender discrimination, etc etc yang banyak banget pokoknya).

I see. Terus?
Nah, setiap tanggal 8 Maret, perempuan di seluruh dunia menggelar perayaan IWD dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan turun ke jalan to voice their concerns on things that matter. Tanggal 8 Maret ini sendiri diambil dari aksi IWD pertama yang digelar di Rusia sama cewek-cewek di sana untuk memprotes perang. Sejak saat itu sampe sekarang, IWD dirayakan di mana-mana untuk menyampaikan isu-isu terkait gender dan perempuan.

What about Indonesia?
Kita juga ikut berpartisipasi dong. Kemarin, ribuan orang yang terdiri dari masyarakat, aktivis sampe publik figur turun ke jalan untuk memprotes berbagai hal yang mendiskriminasi kaum perempuan. Dalam aksinya, para peserta menyampaikan enam tuntutan ke Presiden Jokowi…

Which are…
Pertama, tuntaskan kasus kekerasan terhadap perempuan. Kedua, Pak Jokowi juga diminta untuk membangun sistem perlindungan komprehensif bagi perempuan. Ketiga, cabut kebijakan diskriminatif gender. Keempat, sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual dan UU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, kelima, tolak omnibus law, RKUHP, RUU Ketahanan Keluarga dan terakhir adalah hentikan agenda pembangunan yang berpihak pada investor.

Terus kalo di luar negeri?
It took place everywhere. Misalnya di Meksiko, yang angka pembunuhan terhadap perempuannya melonjak tajam dalam satu tahun terakhir (dari 3 orang tewas daily di tahun lalu, jadi 10 orang tewas daily di tahun ini). Sebagai bentuk protes atas pemerintahannya yang gagal dalam menangani masalah ini, cewek-cewek di sana mengecat jalanan protokol di Mexico City dengan nama-nama korban yang tewas. Sedangkan di Pakistan, aksi women’s march diwarnai serangan dari kelompok konservatif yang ngelemparin para peserta aksi dengan batu, lumpur, sampe sepatu.
See all the powerful pictures here.

Olrite, anything else I should know?
Yep. Kalo kamu cowok dan kamu khawatir bahwa gender equality means privilege kamu bakal berkurang, then you’re absolutely 100% wrong. Gender equality does not only benefit women, but also men. Hasil riset yang dilakukan UN Women baru-baru ini menunjukkan bahwa di lingkungan yang gender equal (kayak di negara-negara Nordic), ditemukan bahwa cowok-cowoknya less depressed, lebih bahagia in life in general (also, sexually) dan tidurnya juga lebih nyenyak. Economy-wise, negara yang gender equal juga lebih maju karena partisipasi cewek di dunia kerja bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara sangat signifikan.