Tentang Elizabeth Warren, Harapan Kaum Perempuan AS yang Kini Mundur dari Pencalonan Presiden

126

Who’s packed up her bag from “who wants to be America’s Next President” competition?

Gambar: NT Times

Elizabeth Warren.
Yep, bakal calon presiden Amerika Serikat yang juga anggota senat asal negara bagian Massachusetts itu minggu lalu baru aja mengumumkan pengunduran dirinya dari konvensi Partai Demokrat.

I have no idea what you’re talking about.
No worries, we’ll walk you through. Jadi tahun ini, Amerika Serikat bakal menggelar pemilu presiden (halo, halo Mister Trump). Nah, kayak di negara-negara demokrasi lainnya, orang kalo mau nyapres harus diusung partai donk, so, at this point kamu pasti udah apal banget sama dua partai yang ada di AS, yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik.

Ok. Go on…
Nah, biar bisa diusung sama kedua partai tadi, orang-orang yang mau nyapres harus dapet dukungan mayoritas dari kader atau simpatisan partai yang ada di hampir semua negara bagian di AS (think of: kamu mau maju nyapres dari Partai Buah Nangka, nah partai ini kemudian bakal keliling ke seluruh provinsi yang ada di Indonesia untuk ngenalin kamu dan para pesaingmu sekalian ngadain pemilihan internal *meaning cuma untuk kader atau simpatisannya* untuk milih siapa yang bakal diusung di pilpres nanti). Nah prosesi ini yang namanya konvensi (or caucus, in some states). 

I see, terus…
Nah yaudah deh tuh, sejak awal Februari lalu, baik Partai Demokrat maupun Partai Republik udah mulai keliling ke berbagai negara bagian untuk menggelar konvensi ini. Kalo untuk Republik, uda hampir pasti bakal mengusung Trump lagi, secara pesaing dia cuma satu, namanya Bill Weld, dan Bill ini nggak pernah menang di satupun state yang dipertarungkan.

Meanwhile…
It’s a little bit crowded on the Democratic isle. Started from 29 candidates (yep, you read it right) para bakal calon presiden ini mundur satu per satu hingga yang terakhir adalah Elizabeth Warren yang mengumumkan pengunduran dirinya minggu lalu, nggak lama abis Super Tuesday.

Which is…
Super Tuesday adalah pemilu yang digelar pada Hari Selasa dan dilakukan secara barengan di 14 negara bagian. Nah, hasil Super Tuesday itu menunjukkan bahwa Warren nggak menang di satupun negara bagian, even di dapilnya sendiri yaitu Massachusetts, so she’s like, olrite, I am withdrawing my application…

So how are things now?
Things are getting more intense
 karena cuma menyisakan dua orang, yaitu mantan wapresnya Obama, Joe Biden dan Senator Bernie Sanders. Jadi sooner than later kita bakal tau nih, siapa yang bakal jadi Prabowo to Jokowi’s nya Trump. LOL.

And I should know about Warren because…?
Well, she was first lauded as a frontrunner for the 2020 presidential election. 
Selain dikenal punya plan yang clear banget soal kebijakan yang bakal dibikinnya kalo jadi presiden, Warren juga aktif menyuarakan persamaan gender dan feminism di Washington DC. Dalam perjalanan kampanyenya, Warren juga dikenal sering bikin pinkie promise sama anak-anak cewek while saying “I’m running for president, because that’s what girls do.”

Agree.