Sidang Umum PBB Bahas Penanggulangan Wabah Virus Corona

80

Who’s saying, “Can I have your attention please…”?

Gambar: United Nations Peacekeeping

Indonesia.
Yep, di tengah-tengah mewabahnya virus corona yang terjadi hampir di seluruh dunia, Indonesia dan beberapa negara lainnya pada Jumat lalu merancang resolusi sidang umum PBB terkait respons terhadap penyebaran virus corona.

I am gonna need some background.
You got it. Jadi draft ini isinya adalah menyerukan solidaritas global dalam upaya menanggulangi penyebaran virus corona. Menurut wakil Indonesia untuk PBB, Dian Triansyah Djani, sekarang udah saatnya negara-negara di dunia bergandengan tangan dalam menghadapi pandemik ini, karena nggak ada satu negara pun yang imun atas virus corona.

OK. Go on…
Nah, masih kata Dian, resolusi yang di-draft bareng sama Ghana, Liechtenstein, Norwegia, Singapura, dan Swiss itu udah mendapat dukungan dari 150 negara anggota PBB.

Jadi tujuannya resolusi ini apa?
Yha tujuannya adalah untuk menekankan pentingnya kerjasama internasional dalam menanggulangi virus corona ini. Kerjasamanya bisa dilakukan melalui pertukaran informasi, ilmu pengetahuan, best practices, hingga menjalankan pedoman WHO.

I see. Anything else I need to know?
Yep, draft ini adalah upaya koordinasi multilateral kedua yang dilakukan negara-negara dalam upaya mereka menghadapi corona. Ada pun koordinasi yang pertama udah dilakukan dalam rapat conference call para pemimpin negara-negara G20 yang baru aja dilaksanakan Kamis pekan lalu. Dalam meeting tersebut, negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk menyalurkan dana sebesar US$5 triliun untuk mengantisipasi efek ekonomi yang muncul akibat virus corona.