Setelah Lebih dari 150 Tahun, Keris Diponegoro Pulang ke Indonesia

599

Who’s coming home after more than 150 years?

Gambar: analisadaily

Kerisnya Pangeran Diponegoro.

Hah apa?
Iya, jadi kemarin, Presiden Joko Widodo menerima kembali kerisnya pahlawan nasional Pangeran Diponegoro yang udah lebih dari 150 tahun tahun berada di Belanda.

Kok bisa?
Bisa donk. Jadi prosesi penyerahan kembali keris ini dilakukan secara simbolik dalam kunjungan Raja dan Ratu Belanda, Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima di Istana Kepresidenan, Bogor, kemarin.

I am gonna need some history background…
You got it.
Jadi sebelumnya, keris ini didapatkan oleh pihak Belanda jauuuuh pas masa penjajahan dulu. Waktu itu, kolonel perang Belanda, namanya Jan-Baptist Cleerens berhasil mendapatkan keris tersebut dari Pangeran Diponegoro yang ditawan oleh pihak Belanda pasca perang besar di tahun 1825-1830. Keris ini kemudian disita pihak Belanda dan diberikan oleh sang kolonel kepada Raja Willem I sebagai bentuk hadiah.

Go on…
Nah, abis itu, keris

Advertisement
ini sempat nggak diketahui gimana kabarnya, sampai kemudian keris yang bernama Kiai Nogo Siluman itu berhasil ditemukan di Museum Volkenkunde, Leiden. Untuk memastikan keaslian keris ini, tim ahli dari Indonesia sampe terbang ke Leiden dan mengeceknya secara langsung. Setelah confirmed bahwa keris itu emang asli, pihak Belanda langsung ngebalikin kerisnya ke pemerintah Indonesia lewat Kedubes RI di Den Haag, yang langsung dilanjutin ke Museum Nasional Indonesia.

So, the keris is really coming home?
Yep, rencananya keris ini bakal dipamerkan di Museum Nasional. Selain keris, barang-barang lain punyanya Pangeran Diponegoro yang juga udah balik ke Tanah Air adalah payung kehormatan, tombak, dan pelana kuda.

I see. Tell me more about the keris.
Jadi keris ini berbahan dasar besi warna hitam dengan ukiran warna emas. Di sekujur bilah keris tersebut ada ukiran naganya dengan tubuh memanjang. Dulunya, tubuh naga itu berlapis emas tapi sekarang hanya tersisa jejaknya aja. Selain itu, sosok naga ini juga hanya bisa dilihat dari posisi tertentu.

Advertisement