Sebanyak 70 Persen Warga Negara Jerman Terinfeksi Virus Corona

128

For when people in Germany are holding their breath…

Gambar: zdf.de

Karena menurut kanselir Jerman Angela Merkel, ada kemungkinan 70 persen dari populasi warga negaranya terinfeksi virus corona.

Whaaaat?
Yep. Merkel menyampaikan prediksinya ini ketika menggelar konferensi pers terkait wabah corona tersebut bareng Menteri Kesehatan Jerman, Jens Spahn, kemarin.

So 70 percent is about…
About 58 juta orang. Selain itu, Merkel juga bilang bahwa secara obatnya belum ditemukan, belum ada vaksin dan masyarakat juga nggak imun terhadap wabah ini, maka fokus pemerintah sekarang adalah untuk mengurangi penyebarannya. Merkel bilang, “it’s about winning the time…”

Is it that bad?
Well, sejauh ini, setelah Italia dan Prancis, Jerman memiliki angka pasien corona paling tinggi di Eropa. Tercatat bahwa ada lebih dari 1,280 pasien dan tiga kematian yang disebabkan oleh virus corona di negaranya Philipp Lahm itu.

Continue, bitte.
Dalam konferensi pers pertamanya pasca wabah corona menyebar di Jerman, Merkel juga menyerukan negara-negara Eropa untuk meningkatkan solidaritas dan bekerjasama dalam menanggulangi wabah ini. Merkel bilang, virus ini udah menyebar di Eropa, dan negara-negara anggota Uni Eropa bakal berupaya sebaik mungkin untuk menghadapi virus ini.

So, how’s the situation in Europe so far?
Here. We break it down for you. 

  • Italy is entering their third day of national lockdown. National loh gengs, meaning bener-bener satu negara yang dikarantina. Italia jadi negara dengan jumlah kasus corona terbanyak di Eropa dengan 10,149 orang terinfeksi, 631 meninggal dan 900 orang lainnya dalam penanganan intensif.
  • Angka corona juga meningkat hingga menyentuh 2.000 kasus di Spanyol dengan hampir setengahnya ditemukan di Madrid. Jumlah kematian di Spanyol so far adalah 47 orang.
  • Kemarin banget, Inggris juga mengalami lonjakan kasus paling banyak dalam satu hari, yaitu 85, bring the total number of 460 orang yang terinfeksi corona.
  • Hungary is in the state of emergency dan udah memberlakukan larangan masuk bagi orang-orang yang abis traveling dari Italia, China, Korea Selatan dan Iran.

Olrite, back to Merkel…
Ok. Nah, untuk menghadapi penyebaran virus ini, pemerintah Jerman udah mempersiapkan berbagai hal, di antaranya adalah memastikan layanan kesehatan up and running, meminta warganya untuk nggak dateng dulu ke acara-acara yang mengumpulkan banyak orang (kayak pertandingan sepak bola) dan minta warganya untuk cuci tangan secara intensif. Finally, pemerintahannya Merkel juga udah menggelontorkan dana sebesar 1 Milyar Euro untuk menghadapi virus ini.