Sebanyak 575 Anggota DPR Akan Melaksanakan Pemeriksaan Covid-19

95

For when you’ve been waiting to get tested…

Gambar: Liputan 6

Hold up. Katanya anggota DPR duluan yang bakal dites?
Seems like it. Menurut Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, 575 orang anggota DPR RI beserta seluruh keluarganya akan menjalani pemeriksaan virus corona (Covid-19) pekan ini.

How many are there in total?
Pak Indra bilang, akan ada sekitar 2.000 orang yang menjalani rapid test virus corona, karena bukan hanya anggota dewan dan keluarganya aja yang bakal dites, tapi juga orang-orang yang bekerja untuk anggota DPR, misalnya sopir pribadi.

When and where again?
Kabarnya tes akan dilakukan either Kamis atau Jumat pekan ini di kompleks rumah dinas DPR RI yang terletak di Kalibata dan Ulujami, Jakarta Selatan.

How are they gonna do it though?
Jadi nih, tes yang dilakukan berupa pengambilan sampel darah (rapid test), bukan pengambilan sampel lendir hidung atau tenggorokan (Polymerase Chain Reaction/PCR). Sebanyak empat dokter dan empat paramedis ditugaskan mengawal pemeriksaan itu.

How much is being spent for these tests?
Konon katanya, gak ada anggaran negara yang dikeluarkan untuk tes kesehatan para wakil rakyat. Pak Sekjen DPR mengklaim dana dikumpulkan dari sumbangan anggota DPR RI.

Are there any objections though?
Ada. Anggota DPR RI Fraksi PKB, Pak Luqman Hakim, menolak rencana itu dengan menyebut alat tes lebih dibutuhkan masyarakat rentan atau tenaga medis. Juru bicara PKS, Pipin Sopian, juga berpendapat bahwa rapid test diutamakan bagi masyarakat kecil dan tim medis yang berpotensi terpapar Covid-19, bukan anggota dewan.