Olimpiade Tokyo 2020 Diundur, Ini Penjelasan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

87

Who’s left the “Olympics 2020” group chat?

Gambar: The Guardian

Canada and Australia.

What?
Jadi kamu pasti tau kan, bahwa rencananya, Olimpiade Tokyo bakal digelar pada 24 Juli mendatang? Nah, udah nih. Jepang sebagai tuan rumah udah siap-siap lama banget buat menggelar acara olahraga empat tahunan ini. Eeeeh ada corona.

Oke, terus?
Nah, secara Juli bentar lagi, kemarin obor api Olimpiade Tokyo udah nyampe di Jepang, dan biasanya, penyambutan api abadi ini dilaksanakan dengan acara meriah. But with these obvious things happening lately, Olympic torch relay ini hanya disambut oleh beberapa pejabat aja.

So, Canada and Australia…
Nah iya. Jadi hari Minggu kemarin, kedua negara ini resmi menyampaikan bahwa mereka nggak bakal mengirim atletnya untuk bertanding di Tokyo Olympics. Alasannya, ya emang paham sih, bakal rumit banget kalo Tokyo Olympics ini diundur, tapi saat ini, nggak ada yang lebih penting selain kesehatan atlet dan komunitas dunia. Gitu kata keduanya dalam joint statement mereka.

So, just the two of them?
Nggak sih. Tim renang dan tim track and field US juga minta supaya Olimpiade-nya diundur aja, ke tahun 2021. Usulan yang sama juga disampaikan oleh tim atletik Inggris.

So, is it canceled??
Well, awalnya sih pihak Jepang mengumumkan bahwa Olimpiade Tokyo bakal berjalan sesuai jadwal.  Namun Senin kemarin, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bilang untuk pertama kalinya bahwa kemungkinan Olimpiade diundur, secara yang paling penting itu kesehatan para atlet. Abe juga menegaskan bahwa Olimpiadenya diundur ya gengs, bukan dibatalkan.

Jadi Olimpiade-nya diundur nih?
Most likely iya. International Olympics Committee aka IOC aka panitia Olimpiade sih bilang bahwa event ini bakal diundur aja, tapi nggak akan dibatalkan. Menurut IOC, kalo sampe Olimpiadenya di-cancel, maka hal itu bakal mengambyarkan mimpi dari 11 ribu atlet yang pengen berlaga di Olimpiade.