Kim Jong-Un kirim Surat ke Korsel terkait Virus Corona

195

For when you need some heartwarming story in the midst of corona outbreak…

Gambar: tempo.co

We finally got one.
Meet,
 pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, yang baru aja ngirim surat personal buat Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang lagi berjuang melawan virus corona yang menyebar makin banyak di negaranya.

Awwww :3
Iya, jadi beda sama biasanya yang suka kirim-kirimin uji coba misil, kali ini, Jong-un ngirim surat buat Jae-in yang isinya adalah “message of comfort” di tengah-tengah corona outbreak yang terjadi di Korsel. Surat yang dikirimkan pada Selasa kemaren itu juga berisi pesan dari Jong-un bahwa dia yakin kok, Korsel bisa berjuang dalam menghadapi virus ini, and that, he wishes everyone in the South a good health.

I need to hear more…
Suratnya Jong-un juga mengungkapkan bahwa dia khawatir sama kesehatannya Presiden Jae-in dan dia juga menegaskan komitmennya atas friendship and trust buat Pak Presiden. Selain itu, diungkapkan juga bahwa Jong-un menyampaikan “candid thought”-nya on Korean Peninsula, although, gak dijelaskan lebih lanjut apakah si candid thought itu (yha namanya juga candid kak).

I see. Terus Presiden Jae-in bilang apa?
Yha, makasih ya untuk surat personalnya, Chairman Kim. Well, first, personal letter, second, nobar “Crash Landing on You” bisa kaleeee…

I watched that. Now Catch Me Up! on corona outbreak in Korean Peninsula…
Well, 
Korea Selatan adalah negara dengan kasus positif corona terbesar kedua di dunia setelah China. Saat ini, ada lebih dari 6,000 kasus corona di Korsel, dengan 28 kasus kematian. Menghadapi virus ini, Presiden Jae-in udah mengumumkan status “war on corona virus” yang dibarengi dengan pencairan budget sebesar US$9,8 juta untuk menganggulangi corona.

Meanwhile in North Korea, selain selentingan-selentingan bahwa negara tersebut mengeksekusi warganya yang diduga tertular corona, pihak pemerintah sendiri belum ngasih update resmi apa-apa terkait corona. However, dengan perbatasan langsung dengan China dan Korea Selatan, ditambah dengan fasilitas kesehatannya yang dinilai kurang memadai, komunitas internasional udah skeptis sama cara Jong-un  handles the corona crisis.