Kebakaran Hutan di NSW Australia Akhirnya Berhenti

112

For when the fire has finally stopped…

Gambar: ABC News

Between me and my ex?
Pagi-pagi udah inget ex aja kak, tapi bukan, kita lagi ngomongin Australia.

I see. Kenapa Australia?
Jadi, inget kan bahwa sejak Juli tahun lalu, Australia, khususnya negara bagian New South Wales mengalami kebakaran hutan yang dahsyat banget? Kebakaran hutan yang disebabkan sama cuaca kering itu membakar sampe total 4,9 juta hektar lahan, 28 orang meninggal, 3000 rumah dilalap api dan sekitar 1 milyar hewan tewas.

Can we skip the miserable part, please?
OK. Well, good news, untuk pertama kalinya sejak bulan Juli tahun lalu itu, New South Wales akhirnya bebas dari kobaran api. Dalam keterangannya dua hari yang lalu, NSW Rural Fire Service mengumumkan bahwa hal ini akhirnya terjadi setelah pihak setempat berupaya memadamkan api selama 240 hari.

That’s a lot of days.
True. Otoritas pemadam kebakaran setempat sendiri bilang bahwa bencana kebakaran yang baru aja terjadi itu very traumaticexhausting and anxious. Selain itu, warga setempat dan petugas juga jadi menderita gara-gara bencana ini.

So how can the fire finally be put out?
Hujan. Jadi sejak beberapa bulan terakhir, hujan mulai turun di NSW dan berhasil memadamkan banyak titik api. However, hujan ini juga menyebabkan banjir dan angin kencang yang berbahaya. Saking bahayanya, banyak warga yang harus dievakuasi dan beberapa sekolah juga terpaksa libur.

I see. So things are OK now?
If you are asking about fires, then yes. Tapi juga update terbaru soal corona, otoritas kesehatan di NSW baru aja meng-confirmed bahwa sejauh ini udah ada 15 orang warganya yang terinfeksi corona. Adapun para pasien yang terinfeksi ini ada yang baru balik dari Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Iran.