Jumlah Pasien Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 19 Orang

121

What makes you think “wew, that escalated quickly…?”

Gambar: US Government

Definitely not my progress with my gebetan.
Understood. But we were talking about corona.

What about it?
Jadi kemarin, pemerintah baru aja mengumumkan bahwa ada 19 orang pasien yang positif corona di Indonesia. Padahal dalam pengumuman sebelumnya, kasus corona di Indonesia yang positif ada di angka enam orang.

Whoaaa it does escalate quickly…
Right? Jadi emang para pasien baru ini rentang usianya dari umur 15 sampe 59 tahun, dan dua di antaranya adalah Warga Negara Asing aka WNA.

So, what’s next?
Well, kayak kasus-kasus corona sebelumnya, para pasien ini akan diisolasi di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Jakarta maupun di luar Jakarta. Nggak disebutin rumah sakitnya di mana, although dalam pengumuman yang awal-awal, pemerintah menyebutkan bahwa RS Sulianti Saroso dan RS Persahabatan jadi tempat isolasi.

Anything else I should know about?
Yep, selain di Indonesia, Kemenlu mencatat bahwa ada 12 kasus WNI yang tertular virus corona di luar negeri, dan tujuh di antaranya dinyatakan sembuh. Adapun ketujuhnya adalah, enam orang terkait kapal pesiar Diamond Princess di Jepang, dan satu orangnya lagi adalah TKI yang bekerja di Singapura. Saat ini, Kemenlu bilang bahwa pihaknya lagi kordinasi terus sama pihak di sana untuk memantau kondisi para pasien ini.

Wait, corona bisa sembuh?
Apparently, yes. Di China sendiri, 8,2 persen pasien yang positif corona telah dinyatakan sembuh oleh otoritas setempat. Menurut Juru Bicara Kemenkes China Mi Feng, hal ini bisa terjadi karena kesigapan pemerintah setempat dalam menangani virus ini, although, gak dijelasin disembuhinnya gimana atau pake apa. Kebanyakan dari kasus yang sembuh ini ditemukan di Wuhan, yang juga merupakan tempat pertama kalinya virus corona ditemukan.