Italia Mengkarantina Jutaan Warganya Akibat Coronavirus

107

Who’s being put on a lockdown?

Gambar: canoe.com

About 16 million people in Italy.

Are you talking about the corona virus?
Yep. Jadi Hari Minggu kemarin, Perdana Menteri Italia Guiseppe Conte mengumumkan bahwa negaranya bakal mengkarantina warga yang tinggal di wilayah Utara dan Tengah untuk menghindari penyebaran virus corona. Totalnya, aturan ini berlaku di 14 provinsi, dan termasuk juga kota-kota besar kayak Milan dan Venice.

Why?
Karena makin banyaknya warga Italia yang tertular corona virus. Jadi pas Hari Sabtu minggu lalu, angka positif corona di negara tersebut bertambah sebanyak 1,247 orang, bring the total number of 5,883 cases and 233 deaths. Angka ini adalah yang terbesar di Eropa. Rencananya, karantina ini bakal berlangsung sampe 3 April mendatang.

Keep going…
Nah, dengan berlakunya karantina ini, pemerintah Italia meminta warganya untuk nggak keluar rumah kecuali untuk kepentingan pemeriksaan atau emang ada kerjaan yang penting banget. Selain itu, warga juga nggak boleh meninggalkan wilayahnya.

How about the other parts of Italy?
Meskipun yang under lockdown adalah wilayah Utara, namun pemerintah setempat juga nge-suspend berbagai kegiatan yang ada hubungannya sama kumpul-kumpul orang banyak, kayak sekolah, kuliah, nge-bar, nonton bola, nonton teater, sampe kegiatan kayak pernikahan dan pemakaman.

Tell me more about the quarantine…
Well, under this rule, berbagai tempat kayak museum, klub, gym, kolam renang sampe ski resorts ditutup sementara. Terus kalo ada yang mau nongkrong di cafe atau makan di restoran yha masih boleh, tapi jaraknya harus satu meter. Finally, siapapun yang nggak mengikuti peraturan ini bakal menghadapi ancaman penjara selama tiga bulan.