Ini Tips Penting Kalau Kamu Mau Self-Lockdown dalam Menghadapi Virus Corona

313
Gambar: Reuters

So, last night Pak Jokowi udah bilang:

“Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah.”

Kata Pak Jokowi, hal ini dilakukan supaya penanganan coronavirus di Indonesia bisa dilakukan dengan lebih maksimal dan juga supaya penyebarannya bisa dihambat, bahkan distop.

So you’re like…tapi, tapi, Pak Jokowi, aku anaknya social butterfly banget! How can I cope with staying at home without losing my mind? Well, we’re glad you’re here because we have your guide to self-lockdown 101. Scroll away…

1. On stocking up
Nge-stok yang penting-penting aja, kayak masker, hand sanitizer, obat-obatan, cleaning supplies, dan bahan makanan. Ask your doctor to give you at least a two-week supply of your medications (if needed) dan prepare semuanya untuk dua sampe tiga mingguan aja. Kebanyakan stock up juga gabagus karena bisa bikin persediaan buat publik dan tenaga kesehatan jadi terbatas, khususnya untuk masker dan hand sanitizer, yang sekarang udah langka di mana-mana.

2. On food
Also, the two-to-three weeks mantra. Pilih bahan makanan yang kuat lama dan versatile kayak canned foods, rice, pasta, dan baking supplies. Untuk fresh foods kayak daging dan ikan, oke juga tapi harus ditaruh di freezer, dan kalo kamu beli buah-buahan dan sayur, they don’t last long so they have to be eaten first. Kopi dan teh jangan lupa, tapi try to have it without cigarette, karena rokok bisa meningkatkan risiko kamu terinfeksi corona.

3. On physical and mental health
Kalo kamu jadi nggak bisa ngegym atau jogging karena takut kena corona, same here. But thanks to YouTube, sekarang banyak banget channel workout yang bisa kamu coba di rumah. This one is our personal favorite.

Secondly, your mental health. Staying at home for so long could affect you mentally (ditambah lagi update-update berita, info di socmed, dan simply jadi kurang gerak aja) so make sure you’re OK, salah satunya dengan cara schedule some screen off from your phone. Jadwalin untuk nggak mainin hape selama beberapa jam and instead, try to use the time to talk more with your family members (or play with your pets). Kalau kamu tinggal sendirian, keep your loved ones updated dengan telponan atau facetime-an sama mereka tiap hari. Jangan jadi ansos-ansos banget pokoknya.

4. On entertainment
In times like this, internet is your best friend. You can relax a bit by catching up with some shows on Netflix, but, remember that there’s a lot more entertainment options out there. Kalo udah selesai nonton You dua season langsung, distract yourself from the screen with some offline options, kayak baca buku, main board games, atau bikin DIY-DIY something.

5. On working from home
This will probably be a little bit challenging because you’ve got used to your working routine. Makan siang di pantry, ketemu co-workers, sampe absen pake jempol. Nah, ketika kamu kerja dari rumah, jangan lupa untuk stick to the routine untuk make sure kamu tetep produktif. Pagi-pagi tetep mandi, sarapan, pake baju yang rapi, that way, you signal yourself that you’ll be working today, and you’ll be more productive than lounging on PJ’s all day.  

Finally, just take it easy and always, always, be kind. Remember that this too, shall pass.