Ini Rangkuman Kasus Coronavirus Pertama di Indonesia

170
Gambar: CNBC Indonesia

As you’ve heard everywhere on the news, kemarin (2/3), Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan dua pasien positif terjangkit virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Oh no… who are they?
Mereka adalah seorang ibu dan anak yang berdomisili di Depok, Jawa Barat. Ibunya berumur 64 tahun dan anaknya berusia 31 tahun. Rumah keduanya dihuni oleh empat orang. Tapi, dua penghuni rumah lainnya gak menunjukkan gejala terjangkit.

Tell me more.
Jadi awalnya, beberapa waktu lalu ada seorang turis Jepang yang positif terjangkit virus corona setelah berlibur ke Indonesia. Nah, denger kabar itu, pemerintah Indonesia pun langsung melakukan penelusuran dan akhirnya ketemu lah ibu dan anak ini yang diketahui melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang kemudian di Malaysia terkonfirmasi virus corona.

Remind me again how they could be in contact.
Jadi pada 14 Februari lalu, WN Jepang dan WNI itu berdansa bareng di Klub Paloma dan Amigos, Jakarta Selatan. Dua hari kemudian, WN Jepang itu kembali ke Malaysia dan pada hari yang sama, WNI yang diketahui berusia 31 tahun itu merasa nggak enak badan, ditandai dengan batuk-batuk. Ia pun memutuskan berobat jalan ke RS Mitra Keluarga Depok, tapi sampe seminggu kemudian, batuk-batuknya nggak kunjung sembuh. Lalu pada 28 Februari 2020, WN Jepang yang udah cabs dari Indonesia itu dinyatakan positif corona dan langsung deh pihak Kemenkes melakukan penelusuran…

Go on…
Terkait penemuan ini, Menteri Kesehatan dr Terawan bilang bahwa warga negara Jepang yang menulari dua WNI itu gak terdeteksi positif virus corona  saat masuk ke Indonesia melalui pintu masuk bandara. Menurut Pak Terawan, hal itu bisa terjadi jika memang WN Jepang dalam kondisi tak demam.

So, how are they doing right now?
Good. Keduanya saat ini lagi menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril bilang bahwa kondisi mereka dalam keadaan baik.

So, now that Indonesia has corona cases, am I at risk?
Could be, but don’t panic. Ada beberapa cara untuk melindungi diri kamu dari virus corona, yaitu dengan cuci tangan (at least selama 20 detik), pake hand sanitizer in between, dan hindari menyentuh mata, hidung, mau pun mulutmu.

Are there any symptoms?
Yep. See the doctor if you have cold or flu (kayak batuk-batuk, sakit tenggorokan, dan susah napas), atau kalo kamu baru aja balik dari negara-negara yang terinfeksi kayak China, Jepang, atau Korsel.

I see. Anything else I should know?
The panic buying.
 Jadi ga lama abis pengumuman ini, sejumlah masyarakat diketahui mulai panik dan memborong barang kebutuhan pokok di supermarket, salah satunya terjadi di Transmart Carrefour. Terkait hal ini, Carrefour membenarkan bahwa telah terjadi peningkatan kunjungan dan transaksi belanja masyarakat kemarin  di sejumlah gerai  di Jakarta. Beberapa jenis barang yang banyak diborong pembeli di antaranya adalah sembako, hand soap, dan masker.