Hasil Survei Pemerintah, Tarif Ojol Naik Mulai Per 16 Maret Mendatang

91

For when you’ve been living by “sesuai titik ya, Bang” mantra…

Gambar: Haluan.com

Check your wallet again.
Karena per 16 Maret mendatang, tarif ojol bakal naik.

What whyyyy?
Yhaa menurut Kementerian Perhubungan sih, ada berbagai pertimbangan kenapa tarif ini naik, salah satunya adalah hasil survei pemerintah terhadap 1.860 orang pelanggan ojol. Dari hasil survei itu ditemukan bahwa para pelanggan ini nggak keberatan kalo tarif ojol naik.

Terus naiknya berapa?
Naiknya sekitar Rp 150 sampe Rp 250 rupiah. Jadi untuk tarif batas bawah, dari sebelumnya Rp. 2.000 bakal naik jadi Rp. 2.250 per kilometer. Terus untuk tarif batas atasnya bakal naik dari Rp 2.500 menjadi 2.650 per kilometer. Dengan itungan baru ini, maka tarif minimal untuk 4 kilometer pertama juga naik dari Rp 8.000 sampe Rp 10.000 jadi Rp 9.000 hingga Rp 10.500.

So just FYI, I live in kahyangan…
What are you, Mimi Peri? (OMG love him!) anyway berarti kalo kamu beneran tinggal di kahyangan, kamu nggak akan terpengaruh karena kenaikan tarif ini cuma berlaku di Jabodetabek, aka Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Also, salam yha buat mimi.

OK. I want to know what the ride-hailing companies think about this…
Gojek and Grab, you mean? Well,
untuk Grab, mereka bilang bahwa pihaknya bakal menghormati dan beradaptasi dengan kebijakan pemerintah ini walaupun yhaa ada kemungkinan penurunan permintaan. Hal senada juga disampaikan sama Gojek yang menyebut bahwa pihaknya bakal mengikuti aturan baru ini dan berjanji bakal meningkatkan layanan.

What about the drivers?
Well, they’re happy. Kata Garda Indonesia yang merupakan organisasi pengemudi ojek online di Indonesia, mereka menerima kebijakan kenaikan harga ini dan hal tersebut juga udah sesuai dengan aspirasi dan saran yang diberikan.

Olrite. Anything else I should know?
Yep. Pemerintah sih ngingetin para ojol juga bahwa seiring dengan kenaikan tarif, maka layanan mereka terhadap pelanggan juga harus ditingkatkan, donk. These improvements could be done dengan cara pake jaket yang wangi, pake sepatu, pake celana panjang, sampe ngasih masker maupun penutup rambut.

Pak, sama jangan ngasih helm yang kacanya suka tiba-tiba nutup sendiri pak 🙁