Finlandia Menjadi Negara Paling Bahagia Berdasarkan Laporan PBB

80

When you want to travel to a happy place once the corona frenzy is over…

Gambar: News On Finland

Try Finland.
It must be hard to keep track of the sunshine and happiness during this pandemic, but let us remind you:
tanggal 20 kemarin adalah Hari Kebahagiaan Internasional PBB.

Wait, what does that mean?
Well, it’s the day to be happy! So if you just remember it now, it’s ok. Dance to the music you love, call your friends a little longer, and try that homemade cookie recipe you’ve been wanting to try! Anything to lift up your mood! 

And what does it have to do with Finland?
Uuups, lupa. Jadi seiring dengan peringatan World Happiness Day ini, Jumat kemarin juga PBB mengumumkan daftar negara-negara paling bahagia di dunia, dan juara satunya adalah… Finlandia.

Cool! Tell me more…
Jadi, laporan ini dinilai berdasarkan enam variabel, yaitu angka pendapatan, kebebasan, kepercayaan publik, kesehatan dan harapan hidup, bantuan sosial dan kedermawanan. Dari survei ini diketahui bahwa salah satu faktor yang cukup berpengaruh dalam kebahagiaan warga Finlandia adalah ketersediaan layanan kesehatan publik, aka public health care.

Maksudnya?
Jadi diketahui bahwa salah satu yang bikin warga Finlandia bahagia adalah good quality of public healthcare, meaning, mereka tau nih, bahwa kalo mereka sakit atau mengalami kecacatan fisik, akses pada layanan kesehatan yang berkualitas selalu tersedia. Begitu juga dengan jaminan sosial, di mana warga Finlandia tahu, kalo sewaktu-waktu mereka kehilangan kerjaan, maka bakal ada jaminan sosial atau kompensasi yang bakal mereka dapatkan selama mereka nganggur. So basically, you know, the sense of security…

Understood. Anything else?
Well, ada yang menarik nih gengs. Dalam ranking ini, diketahui bahwa nggak satupun negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia yang berhasil masuk ke dalam 10 besar negara paling hepi. Paling ada UK di urutan ke-13, Jerman di urutan ke-17, Jepang ke-62, dan China ke-94.

And, Indonesia?
Ke-84. Ok aja lha yha…