Evakuasi 69 WNI dari Kapal Diamond Princess

88

For when you’ve been hanging on a thread…

Gambar: Republika

Pemerintah RI (akhirnya) akan mengevakuasi WNI dari kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang.

Good to hear but how?
Jadi… para WNI yang merupakan kru kapal pesiar tersebut berangkat dari Bandara Haneda, Jepang, pada Minggu tadi malam, dan tadi malem banget, sekitar jam 11-an mereka udah tiba di Bandara Kertajati, Jawa Barat. Selanjutnya, para WNI itu menuju pelabuhan PLTU Indramayu untuk lanjut lagi ke lokasi observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, melalui jalur laut dengan menggunakan KRI Soeharso.

We’re talking about how many people?
Totalnya ada 69 WNI yang dievakuasi dari kapal Diamond Princess… dan ada 10 WNI yang gak ikut dievakuasi karena dua di antaranya mengaku ingin melanjutkan pekerjaannya di kapal pesiar tersebut. Sedangkan delapan lainnya yang positif terjangkit coronavirus masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di Jepang.

R they good?
Well, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sih, 69 WNI yang dievakuasi ini telah melalui proses pemeriksaan kesehatan dan memastikan mereka dalam kondisi sehat.

How long are they going to be observed?
Pemerintah menyatakan mereka akan diobservasi selama 28 hari, lebih lama dari WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China, di Pulau Natuna bulan lalu, yang dievakuasi selama 14 hari.

Kok lama sih 28 hari?
Karena menurut Kemenkes, virus corona yang tersebar di kapal Diamond Princess telah bermutasi dan lebih membahayakan, makanya masa observasinya juga akan lebih lama.

I see. So, tell me about this Pulau Sebaru again?
Jadi Pulau Sebaru Kecil ini adalah sebuah pulau tak berpenghuni yang terletak di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Secara administratif, pulau ini berada di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, dan merupakan bekas tempat rehabilitasi para pecandu narkotika.