Equal Pay Tidak Sesuai, USWMT Melakukan Protes Terhadap USSF

107

For when you watching football and the shirt is in reverse…

Gambar: bleacherreport

Yep, Hari Rabu kemarin, Timnas Sepak Bola Perempuan Amerika Serikat, aka USWMT mengikuti pertandingan bertajuk SheBelieveCup di Texas dan pada pertandingan itu, semua pemain USWMT pake jersey kebalik.

Nggak sengaja gitu apa gimana?
Sengaja dong. Jadi tindakan ini dilakukan untuk nutupin logo US Soccer Federation (disingkat USSF, kayak PSSI-nya kita) yang suka ada di bagian dada. Langkah ini diambil sebagai bentuk protes atas penyataan USSF terkait equal pay, aka gaji yang seimbang, antara atlet cowok dan cewek.

I am gonna need some background.
You got it. Jadi di tahun 2019 lalu, Timnas Sepak Bola Perempuan AS menuntut USSF karena penghasilan atlet sepak bola cowok dan cewek di AS itu jomplang banget. Dalam gugatan yang dilayangkan oleh 28 orang atlet timnas, disebutkan bahwa USSF melakukan diskriminasi gaji berdasarkan jenis kelamin, di mana atlet cowok dibayar lebih banyak dari pada cewek.

Padahal….
Padahal Timnas Sepak Bola ceweknya AS prestasinya jauh lebih baik dibanding yang cowok. For the record, USWNT disebut-sebut sebagai timnas sepak bola perempuan paling sukses di dunia karena berhasil meraih empat kali piala dunia (dari total 8 kali turnamen!) dan empat medali emas Olimpiade. Selain itu, partai final piala dunia timnas perempuanĀ  AS di tahun 2015 juga ditonton oleh 23 juta viewers, meaning more money for the broadcaster.

I am sensing a “but…”
Yes, but, despite all the achievement and record high-viewers, turns out that timnas cewek AS dibayar jauh lebih sedikit dibanding timnas cowoknya. Dalam gugatannya, disebutkan bahwa di tahun 2014 lalu, timnas cowok AS dapet bonus sebesar US$ 5.373 juta setelah finish di babak 16 besar Piala Dunia. Meanwhile, timnas ceweknya cuma ngantongin bonus US$ 1.735 juta di Piala Dunia Perempuan yang digelar setahun sesudahnya, padahal mereka jadi juara umum.

This sounds uncool..
Agree. Karena itulah, praktek diskriminasi gender ini digugat ke pengadilan. Nah, dalam pembelaannya di hadapan pengadilan kemarin, pihak USSF membela diri dengan bilang bahwa “cowok punya lebih banyak tanggung jawab” dan “jadi pesepakbola cowok tuh butuh lebih banyak skill…”

They seriously say that???
Yep, makanya pas pertandingan kemarin Rabu, para pemain cewek timnas ini pake baju kebalik sebagai tanda protes. Ga lama setelah pertandingan, Kapten Timnas Megan Rapinoe juga bilang bahwa enggak kok, you are not lesser just because you’re a girl, and you’re not better because you’re a boy. We are all created equal…

Amen to that. Anything else I should know about?
Terkait pernyataannya ini, Ketua USSF Carlos Cordeiro kemudian menyampaikan permintaan maafnya dan bilang bahwa pernyataan itu nggak sesuai dengan value yang lembaganya anut. Selain itu, Cordeiro juga udah minta tim hukumnya untuk respectful terhadap timnas sepak bola cewek maupun atlet cewek siapa aja di seluruh dunia.

Respects and equal pay… is that too much to ask?