Akibat Wabah Corona, Euro 2020 Terancam Diundur Tahun Depan

99

What’s being postponed until next year?

Gambar: goal.com

Euro 2020.
Iya, seragam timnas Jerman buat Euro nanti emang keren sihh, but we might wait a little longer to be able to wear it because… Euro-nya diundur ke tahun 2021.

Hah Euro apa sih?
Itu loh, pertandingan sepak bola paling bergengsi di Benua Eropa yang digelar empat tahun sekali. Kayak namanya, pertandingan ini mempertemukan 24 timnas dari negara-negara yang ada di benua biru.

I see… so like, Beckham?
Used to. But, you know, he’s retired (so is Philipp Lahm T.T) Anyway, back to the postponement, kemarin, UEFA sebagai penyelenggara turnamen ini udah memutuskan bahwa Euro yang tadinya bakal digelar pada 12 Juni-12 Juli tahun ini bakal diundur ke 11 Juni-12 Juli tahun depan.

Is it because of the corona virus?
Correct. Setelah menggelar meeting via teleconference sama 55 orang perwakilan timnas dan klub, UEFA memutuskan bahwa Euro bakal diundur sampe tahun depan karena wabah corona. Nggak cuma Euro, semua pertandingan di bawah UEFA baik untuk klub, timnas, tim laki-laki maupun perempuan juga bakal ditunda dulu until further notice.

So you’re talking about…
Liga Inggris, Liga Jerman, Liga Spanyol, Liga Itali, Liga Prancis, pokoknya liga-liga yang ada di Eropa deh, itu di-suspend. Begitu juga Liga Champions, Liga Eropa dan kualifikasi Piala Dunia.

Well, does UEFA say anything?
Yep, presiden UEFA Aleksander Čeferin bilang bahwa kesehatan dan keselamatan para pemain, tim, dan supporter adalah prioritas utama. Selain itu, sepak bola adalah permainan yang penuh semangat, jadi ngebayangin main bola di lapangan yang kosong tanpa fans yang justru lagi diisolasi di rumah itu sama sekali nggak menyenangkan. Apalagi Euro kali ini bersamaan dengan perayaan ke-60 tahun atas berlangsungnya kompetisi ini.

60 tahun?
Iya, jadi Euro pertama digelar di tahun 1960 di Prancis. Nah, untuk merayakan momentum ini, Euro yang biasanya digelar di satu atau dua negara aja rencananya bakal diadakan di 12 kota di seluruh Eropa, yaitu Glasgow, Dublin, Bilbao, Amsterdam, Copenhagen, Munich, Rome, St. Petersburg, Bucharest, Budapest, Baku, dan finalnya nanti di London.

I see. Anything else I should know?
Selain Euro 2020, Copa America juga diundur ke tahun 2021. Turnamen sepak bola di Benua Amerika itu rencananya bakal digelar di Argentina dan Kolombia, pada 11 Juni sampe 11 Juli tahun depan.