AHY Menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2020-2025

86

For when you think “buah nggak jatuh jauh dari pohonnya…”


Gambar: Tribunnews.com

You are right.
Over the weekend kemarin, Partai Demokrat menggelar kongres di Jakarta untuk menentukan ketua umum baru yang akan menggantikan Ketum Demokrat sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono aka SBY aka Pepo.

Terus siapa pengganti Pepo?
Anaknya sendiri aka Mas Agus Harimurti Yudhoyono aka AHY. Jadi dalam kongres yang digelar selama satu hari aja itu, Mas Agus resmi jadi ketum baru Demokrat untuk periode 2020-2025.

Gimana ceritanya kok bisa kepilih?
Jadi Mas Agus dipilih secara aklamasi oleh para kader Demokrat yang punya hak suara di kongres dan berjumlah 604 orang. Emang sebelumnya, Mas Agus ini dibilang udah ngantongin dukungan dari 90 persen pemilik suara itu.

Well then, any words from him?
AHY? Yes of course. Dalam pidato pertamanya setelah jadi ketua umum, AHY menjelaskan soal 10 program utamanya selama masa bakti 2020-2025. Beberapa hal yang termasuk ke dalam program itu di antaranya adalah terkait peningkatan SDM, menjaring suara anak muda, memodernisasi partai, sampe menyukseskan pilpres dan pileg di tahun 2024 mendatang.

What about Pak SBY?
He also delivered his last speech as chairman. Kata Pak SBY, dia yakin di bawah kepemimpinan Demokrat yang sekarang, masa depan partai berlambang bintang mercy itu akan makin cerah. SBY juga yakin bahwa kader-kadernya itu punya visi, kompetensi, dan komitmen yang kuat untuk membesarkan partai.

Do they say anything about the coronavirus, though?
Yep. Pak SBY bilang, Indonesia harus serius dan sigap dalam mengambil langkah nyata dalam melawan corona. Beliau juga menyampaikan bahwa menurut pengamatannya, penanganan virus corona secara global belum maksimal, padahal virus menyebar melalui interaksi antar manusia. Gitu katanya.