Yeah, yeah, yeah, it’s a party in the USA…

52

Thursday, Thursday. Today, we will take you to the land of the free and the home of the brave. Psssst, no visa required!

Image

Gambar: CNN

If you have too many drama in your life, wait until you hear the story of SOTU, aka the State of the Union

Huh? What is that?

Jadi State of The Union adalah pidato kenegaraan di Amerika Serikat yang disampaikan sama Presiden di depan para anggota kongres secara rutin setiap tahun. Pidato ini biasanya ngebahas soal pencapaian apa yang udah berhasil diraih dan planning ke depannya mau ngapain aja nih. Ya, kalo di kita kayak pidato presiden tanggal 16 Agustus gitu gengs, di mana presiden ngasih pidato di depan DPR.

Ok I see…

Nah kemarin, Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato SOTU-nya di hadapan para anggota Kongres. Dalam pidato itu, Trump meng-highlight berbagai pencapaian dari pemerintahannya dalam berbagai bidang kayak ekonomi, keamanan, kebijakan luar negeri, sampe imigrasi.

More details would be helpful.

You got it. Jadi dalam pidatonya yang berlangsung selama 78 menit itu, topik yang lumayan lama dibahas Trump adalah soal pencapaian ekonomi. Trump bilang bahwa di bawah pemerintahannya, ekonomi AS berada pada kondisi terbaik, angka pengangguran berada pada posisi paling rendah dalam 50 tahun terakhir, dan para pekerja juga mengalami kenaikan gaji.

Beneran tuh?

Soal pengangguran? Bener sih. Jadi emang di era-nya Trump, angka rata-rata pengangguran ada di 4%, tapi angka ini emang warisan dari Presiden Obama yang ketika dia cabs dari White House, angka pengangguran ada di angka 4,8%. Bandingin sama pas pertama kali Obama jadi presiden, waktu itu “warisan” unemployment rate dari pemerintahan sebelumnya, yaitu presiden Bush adalah 7,8 persen. Ntaps emang ni anak Menteng.

I see, terus apa lagi yang menarik dari SOTU-nya Trump?

Uhmmm Trump juga bahas soal kejadian corona virus di China dan bilang bahwa pihak US udah koordinasi sama pemerintahan China untuk melindungi warga negaranya dari wabah ini. Trump selanjutnya menyampaikan targetnya di bidang kesehatan, yaitu untuk menghapuskan wabah penyakit AIDS dari AS pada tahun 2030.

Isu internasionalnya donk.

Well, dalam SOTU-nya itu, Trump juga bilang bahwa pemerintahannya baru aja menyetujui perjanjian sama China terkait lapangan kerja dan intellectual property. Trump bilang, hubungan US sama China sekarang adalah “the best we ever had.” Trump juga ngebanggain pencapaian negaranya dalam menegakkan demokrasi di negara-negara kayak Kuba, Nicaragua dan Venuezuala. Ga lupa, Trump juga nyebutin soal kekuatan militer AS yang budget terbarunya mencapai US$ 2,2 Trilyun. WOW.

Got it. Terus katanya ada drama-drama yah pas SOTU?

Yhaaa banyak, dan mayoritas dateng dari para anggota kongres dari Partai Demokrat (Trump didukung Partai Republik). Jadi para Dems ini ada yang duduk aja, ada yang nggak ikutan tempuk tangan, ada yang walkout, dan bahkan ada yang nggak dateng sama sekali, kayak anggota kongres termuda asal New York, Alexandra Ocasio Cortez, dan anggota kongres dari Massachusetts Ayanna Pressley.

However…

There’s drama, and there’s Pelosi-Trump drama. Jadi sebelum Trump menyampaikan SOTU-nya, Pelosi yang duduk di belakang Trump ngajak salaman, tapi dikacangin. Terus pas udah selesai pidato, Pelosi tertangkap kamera dengan santai ngerobek-robek teks pidatonya Trump. Kejadian ini juga ngingetin kita sama kejadian SOTU setahun yang lalu, di mana Pelosi ngasih tepuk tangan sarkas gitu ke Trump.

Whoaa alasannya apa kok Pelosi begitu?

“Itu udah yang paling sopan, dibandingin alternatif lainnya,” Kata Pelosi pas diwawancara wartawan nggak lama setelah SOTU berakhir.

Tonton klip robek-robekannya di sini deh gengs. Asli dramatis banget, kayak kamu kalo lagi ngerobek tagihan kartu kredit mehehehe

For when you’ve been hearing corona virus for a while now…

Image

Gambar: Liputan 6

Here’s the latest update. Warga Negara Indonesia (WNI) udah ada yang positif corona.

Whaaaat?

Yep, Hari Selasa lalu, Kementerian Kesehatan di Singapura mengumumkan bahwa ada seorang WNI berjenis kelamin perempuan dan berusia 44 tahun yang positif terdeteksi virus corona. Selain itu, ditemukan juga bahwa ibu-ibu ini nggak abis berkunjung ke China.

Terus gimana bisa tertular?

Diduga sih karena kontak langsung yang terjadi antara dia dengan majikannya. Nah, majikannya ini juga sebenernya nggak abis berkunjung ke China, cuma pernah suatu hari, dia beli obat ke toko obat-obatan China yang pengunjungnya adalah turis dari negeri tirai bambu tersebut.

Terus…

Nah abis pulang dari situ, si majikan yang merupakan seorang cewek berumur 28 ini mulai deh mengalami demam dan sakit tenggorokan. Dia kemudian ke dokter dan setelah menjalani pemeriksaan, dia diizinkan pulang karena nggak terdeteksi pneumonia. Setelah istirahat di rumah selama beberapa hari dan sakitnya nggak sembuh-sembuh, cewek ini balik lagi ke dokter dan this time, dia langsung terdeteksi kena virus corona. Dokter kemudian langsung memerintahkan dia untuk diisolasi.

Go on. 

Nah yaudah. Setelah majikannya terdeteksi positif corona, si WNI langsung dijemput otoritas terkait dan setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan bahwa dia juga positif terdeteksi virus corona. Kini, WNI-nya lagi menjalani perawatan di ruang isolasi Singapore General Hospital.

Terus, pemerintah kita ada komentar nggak?

Ada donk. Kata Duta Besar Indonesia di Singapura I Gde Ngurah Swajaya, WNI yang positif corona ini udah mendapatkan perawatan medis dan pemerintah juga terus koordinasi sama otoritas Singapura dan rumah sakit tempat WNI ini dirawat. Selain itu, KBRI setempat juga mengimbau WNI untuk tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Terus, WNI ini bakal balik ke Indonesia?

Kalo kata Kemenkes sih, WNI tersebut baru boleh pulang kalo udah di-declare sembuh. Kalo belum sembuh ya belum boleh pulang.

For when you have a good news for dolphins…

Image

Gambar: Dunia Perairan

Yep. Lumba-lumba. Jadi kemarin, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara resmi melarang pertunjukan sirkus lumba-lumba keliling yang dilakukan di luar wilayah konservasi di mana aja di Indonesia. Dengan adanya aturan ini, maka izin sirkus lumba-lumba yang udah berakhir masa berlakunya nggak bisa diperpanjang lagi dan kalo ada pihak-pihak yang masih menggelar sirkus lumba-lumba keliling, maka bisa dipastikan bahwa pertunjukan itu nggak sesuai aturan.

Emang selama ini, pertunjukan sirkus lumba-lumba menuai protes dari masyarakat dan komunitas pecinta hewan karena mereka diperlakukan dengan sangat tidak layak (read: perjalanan berjam-jam dari satu tempat show ke tempat lain, berenang di air chlorine, hingga stress karena berisik pas lagi tampil). Hasil penelitian juga menemukan bahwa di alam bebas, lumba-lumba bisa hidup selama 20-30 tahun, di penangkaran, harapan hidup mereka cuma 3-6 tahun.

“Jadi banyak bapak-bapak yang menciptakan masalah ini, karena kurang representasi perempuan dalam membuat kebijakan,”

Kata Menteri Keuangan Sri Mulyani saat membahas soal peran gender dalam kebijakan ekonomi global. Menurutnya, berbagai ketidakpastian ekonomi yang terjadi saat ini, kayak perang dagang China-AS hingga Brexit disebabkan oleh kurangnya partisipasi perempuan dalam posisi pengambilan kebijakan.

Emang udah bener kata Beyoncé, yang run the world itu girlssss XD

JUST IN: TRUMP BARU AJA DIBEBASKAN DARI SEGALA TUNTUTAN PEMAKZULAN. 

Literally like jam 4.30 AM tadi subuh, Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang dalam beberapa waktu terakhir ini lagi menghadapi sidang pemakzulan ternyata udah fix lolos dari pemakzulkan. Jadi dalam sidang senat yang digelar semaleman tadi, para senator dari Partai Demokrat (jumlah anggotanya 45+2 orang independen) dan Republik (jumlah anggotanya 53 orang) melakukan voting terkait apakah Trump harus di-impeach karena dua dugaan pelanggaran, yaitu abuse of power dan obstruction of congress aka menghalangi penyelidikan kongres. Hasil voting akhir terkait impeachment ini adalah 48-52 untuk abuse of power, dan 47-53 untuk obstruction of congress. Dengan hasil ini, maka Trump udah fix nggak jadi di-impeach.

Hasil ini sebenernya udah diprediksi sih, karena senat ini mayoritasnya adalah dari partai Republikaka partai pendukungnya Trump. Sidang semalam juga menandai berakhirnya proses upaya impechment Trump yang udah berlangsung selama lima bulan terakhir. Next stop buat para senator: reses.

Kepo lebih jauh soal impeachment? Check out our A to Z brief on Trump’s impeachment here and here and congrats on being the latest US Politics expert on this weekend’s brunch! 😉

Love Letter Catch Up!

Catcher: Hi! mau nanya nih jadi aku ada 2 kali ngga buka email dr kalian, dan next day aku ngga dapet email lg huhu padahal ngga buka emang karna ngga sempet aja dan pasti bakal dibaca jg nantinya. jadi sedih dr 5 hari harus kekurangan 1 hari:( ada kaitannya gak sih antara ngga ngebuka emailnya sama ngga dapet email di kemudian hari? and btw thanks beraaat kalian ngebantu bgt buat aku (dan kaum kaum sepertiku) yang males baca banyak berita dan nyari mana yg paling bener (karna we know media jg kadang bisa “dibeli”), keep up the good work! 🙂

CMU! HQ: Hi there… gak ada hubungannya kok antara gak buka email sama gak dapet email keesokan harinya. Biasanya sih, newsletter hari Jumat“nyasar” ke tab Promotions/Updates atau folder Spam karena ada Dataviz yang file-nya cukup berat.Next time, make sure to check those places ya kalo kamu gak dapet email dari CMU! atau ketik aja “Catch Me Up!” di search box email kamu. Selain itu, kita juga udah nyiapin tips nih supaya email kalian gak nyasar lagi. Coba cek di sini ya! https://catchmeup.id/whitelist/  🙂

– Amri-

(Our most favorite part of the day is to know what you think about our newsletter. Thus, we have created this section where you can ask our founder (Haifa) and cofounder (Amri) anything about Catch Me Up! Shoot away your questions here and get a chance to be featured. See you again tomorrow!

Catch Up! Recommendations

When having a crush is soooo painfully awkward yet so cute. This movie can relate. Sign us up.