Valentine Days, ISIS, Twitter dan Facebook, Guinness World

551

It’s Friday, it’s Valentine’s Day, it’s Dataviz day! So while you’re eating chocolate for breakfast, let’s start your day with something casual…

Nope, not relationships *and it shouldn’t*.

It’s Dataviz.

So it always feels like every day is Valentine’s Day here at Catch Me Up! Headquarter. Thanks to you and your beautiful support, we’ve been feeling so much loved since Day One. So today, whether you decided to have your very own Valentine’s or Galantine’s Day, our Dataviz will come in handy as a conversation starter. Yep, soalnya kita mau bahas soal Academy Awards aka Oscars yang baru digelar Senin lalu! Scroll down, read up, and don’t feel awkward on tonight’s date. Good luck and Happy Val/Galentine’s Day!! 


Who’s just being stateless?

Gambar: BBC

689 orang WNI eks ISIS aka Islamic State of Iraq and Syria.

Hah gimana?
Yep, jadi kemarin, Kepala Staf Kepresidenan Pak Moeldoko baru aja menyatakan bahwa 689 orang WNI eks ISIS udah nggak memiliki kewarganegaraan alias stateless. Alasannya, ratusan orang ini udah membakar paspor dan punya keinginan sendiri untuk meninggalkan Indonesia.

Emang bisa ya jadi stateless gtu?
Bisa aja. Jadi, masih kata Pak Moeldoko, UU Kewarganegaraan di Indonesia sendiri telah mengatur sejumlah kategori yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan seseorang, salah satunya adalah keinginan yang datang dari mereka sendiri.

Terus gaada sidang-sidangan dulu, gitu?
Yep, gak ada. Pak Moeldoko bilang, nggak perlu ada proses peradilan untuk mencabut status kewarganegaraan para eks WNI ini, karena dengan ngebakar paspor aja itu udah jadi indikasi. Sedangkan untuk WNI eks ISIS yang masih punya paspor dan pengen balik ke Indonesia, maka mereka harus diverifikasi kembali.

So what now?
Pak Moeldoko sih bilang bahwa pemerintah bakal mengantisipasi masuknya WNI eks ISIS lewat peningkatan kewaspadaan di berbagai perbatasan dan imigrasi. Beliau juga menyebut bahwa pemerintah bakal memverifikasi data ratusan eks ISIS itu.


Who’s just paying some fines?

Twitter and Facebook.
Kemarin, pengadilan di Rusia baru aja menjatuhkan denda kepada dua perusahaan tadi sebesar 4 juta rubel atau hampir sebesar Rp1 milyar. Hal ini terjadi gara-gara Facebook dan Twitter nggak mau naro datanya di Rusia, padahal peraturan di negara itu menyebut bahwa setiap data terkait warga Rusia harus disimpan di dalam negeri. Denda ini juga merupakan denda dengan jumlah terbesar yang pernah dijatuhkan terhadap perusahaan asing sejak aturan ini berlaku pada 2012 lalu.

Advertisement

Selain dikenakan denda 4 juta rubel tadi, pengadilan Rusia juga menyebut bahwa kalo urusan data center ini nggak diselesaikan sampe akhir tahun, maka jumlah denda yang harus dibayarkan keduanya bakal naik sampe 18 juta rubel atau sekitar USD $283,000. Whoaaa.


“Not to get angry and keep a smile on your face.”

Kata pria tertua di dunia, namanya Chisetsu Watanabe ketika ditanya rahasianya panjang umur. Watanabe yang merupakan warga negara Jepang itu baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke-112 pada 12 Februari kemarin. Untuk merayakan momen spesial itu, Watanabe juga baru menerima penghargaan dari Guinness World of Records sebagai pria tertua di dunia.

Om, cobain nyetir di Jakarta tiap hari. Cobain.


Love Letter Catch Up!

Catchers: Topik favorit kru Catchmeup apa?

Catch Me Up! HQ: Halo! Terima kasih atas pertanyaannya! Aku sendiri suka isu-isu nasional (khususnya politik), internasional, ekonomi, hingga global warming. I am also currently learning to write about entertainment (jujur ga pernah tugas di desk entertainment pas jadi wartawan, dan walau pun aku suka nonton film, tapi tulisan entertainment pertamaku adalah yang soal Oscar kemarin. Hope you all liked it!). Sedangkan Amri, dia suka yang tech-tech-an, data-dataan (kayak Dataviz di atas), dan soal cuan *wkwkwk don’t we all? :P*

– Haifa – 

(Our most favorite part of the day is to know what you think about our newsletter. Thus, we have created this section where you can ask our founder (Haifa) and cofounder (Amri) anything about Catch Me Up! Shoot away your questions here and get a chance to be featured. See you again tomorrow!)


Catch Up! Recommendations

For when you can’t decide whether you need a new phone or just a mirror… why not get both? Here.

Advertisement