Usul Menteri Keuangan Sri Mulyani, Minuman Manis Akan Kena Pajak Cukai

77

For when you’ve been ordering boba milk tea every day…

Gambar: hallosehat

Yhaaa emang itu seger banget sih, tapi siap-siap ya gengs, karena Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani baru aja ngusulin ke DPR buat menerapkan pajak cukai buat makanan dan minuman manis.

Hah gimana?
Iya jadi dalam rapat sama DPR RI kemarin, Bu Ani ngusulin biar minum-minuman manis kayak teh manis, cola, kopi, minuman berenergi, sampe makanan berpemanis lainnya dikenai cukai sebesar Rp.1.500/liter.

Biar apaa?
Biar lau sehat. Beneran ini. Kata Bu Ani, usulan ini muncul setelah memperhitungkan jumlah penderita diabetes di Indonesia yang bertambah dalam beberapa tahun terakhir ini. The more people with diabetes, the more cost that the BPJS has to pay karena diabetes itu emang dicover BPJS gengs.

Uhm…
Bu Ani juga bilang bahwa keberadaan makanan atau minuman manis bisa memicu obesitas, terus obesitas ini bisa berimplikasi ke diabetes, gagal ginjal, stroke, pokoknya macem-macem penyakit deh.

So thoughtful. Can I have her as my mom?
That would be great (Imagine kamu pasti bakal langsung jago ngatur duit wkwk). Anyway tapi selain itu, Bu Ani juga berharap biar adanya cukai ini bakal bisa mengendalikan konsumsi minuman manis sehingga angka penderita diabetes dan obesitas di Indonesia bisa ditekan lagi.

Ok, terus kalo cukainya disetujui…
Negara bakal dapet potensi pemasukan sebesar Rp6,25 triliun dari cukai minuman manis ini. Banyak ugha yha.