“Sinaran, mentari menyinari…”

357

Hello Tuesday! It’s finally pay day! and in case you’ve been looking forward to hear about the biggest drama of the week…

Gambar: malaymail

What drama?
Well, kemarin, Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohamad baru aja mengundurkan diri dari jabatannya.

I know, but… what happened? 
Jadi gini gengs, over the weekend kemarin, suasana politik di kampungnya Upin dan Ipin itu emang lagi bergejolak dikarenakan oleh sebuah… meeting.

I am really gonna need some background…
You got it, but like, get ready for probably the craziest political story in SEA (as if we in SEA were not crazy enough,*wink* Duterte *wink*) aaanyway, everything back to tahun 2018 lalu pas Malaysia menggelar pemilu. Di pemilu itu, meet, dua koalisi yang memperebutkan kursi perdana menteri. Pertama adalah koalisi Barisan Nasional aka BN, dan kedua adalah Pakatan Harapan aka PH.

Heard of ‘em but go on…
Nah, koalisi BN ini mengusung Perdana Menteri incumbent, Najib Razak untuk jadi Perdana Menteri, sedangkan PH mengusung Mahatir Muhamad. This is where things start getting more interesting karenaaa, koalisi PH itu dipimpin sama tokoh oposisi Malaysia sepanjang masa, Anwar Ibrahim. Meanwhile, Mahatir Muhamad is like 95 years old, dan beliau pernah menjabat sebelumnya sebagai perdana menteri. Dari UMNO aka BN. Aka lawan politiknya Anwar Ibrahim. DULU.

Terus kenapa interesting?
Yha secara di pemilu 2018 itu, Mahatir ngelawan anak didiknya sendiri, Najib Razak. Sedangkan beliau maju dari koalisi yang dipimpin Anwar Ibrahim, yang pas era kepemimpinannya yang pertama, (di kita lagi jaman Pak Harto), Anwar adalah lawan politik bebuyutannya Mahatir (Think of: tiba-tiba di 2024 nanti, Pak Prabowo nyapres dari PDIP, sedangkan lawannya adalah Fadli Zon yang didukung Gerindra. Gitu, kira-kira).

Got it. Terus-terus…
Nah udah kan. Pemilu deh tuh. Waktu itu, secara Mahatir udah berumur 94 tahun, dia kemudian bilang bahwa dia bakal jadi PM selama dua tahun aja. Abis itu, dia bakal menyerahkan kekuasaan ke Anwar Ibrahim, yang, mind you, been his political rival for yearsssss (sebelum akhirnya mereka gabung buat ngalahin Najib).

Go on…
Nah, ternyata Mahatir yang didukung Anwar menang. Beliau kemudian menjabat sejak 2018 dan walaupun udah bilang bakal ngasih tampuk kepemimpinan ke Anwar Ibrahim, tapi Mahatir nggak bilang kapan waktu pastinya. Beliau cuma bilang, “nanti, kalo kondisi Malaysia udah makin baik…” teruuus jawab gitu sampeee last weekend happened.

what happened?
Well, remember the word “coalition”? Meaning pemerintahan di Malaysia, baik BN maupun PH sama-sama terbentuk dari gabungan beberapa partai. Nah, weekend kemarin, diketahui bahwa ada beberapa politisi dari BN dan PH yang ketemuan dan meeting di sekitar KL. Hal ini kemudian memunculkan spekulasi terkait pecahnya kedua koalisi dan kemungkinan akan dibentuknya pemerintahan baru untuk menjegal majunya Anwar sebagai PM (who, supposedly, bisa menjabat sekarang secara kan Mahatir udah menjabat selama dua tahun).

Whoaaa!!!
We know, right? Nah, besoknyawhich was Senin kemarin, Mahatir mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi PM. Terus partainya beliau yang ada di koalisi PH, namanya PPBM aka Partai Pribumi Bersatu Malaysia juga menyatakan mundur dari koalisi. Dengan mundurnya PPBM ini, maka PH nggak bisa membentuk pemerintahan karena mereka minimal harus punya 112 kursi, sedangkan dengan keluarnya PPBM, jumlah kursi yang dimiliki PH cuma tinggal 104 kursi lagi.

I see…
Yha dengan lepasnya kursi pemerintahan, peluang Anwar Ibrahim untuk lanjutin pemerintahan Mahatir sebagai Perdana Menteri bakal makin terjal. Belum lagi, PPBM juga bilang bahwa seluruh kader partainya yang ada di parlemen udah menandatangani deklarasi untuk mendukung Mahatir sebagai perdana menteri.

So what’s next?
Well, definitely more drama, but for now, surat resign-nya PM Mahatir udah di-acc sama Raja Malaysia, dan saat ini, beliau menjabat sebagai PM Interim aka Plt Perdana Menteri sampe hadirnya PM baru. Selain itu, kabinet Malaysia juga bubarrrr…

Crazy. I want to know what Anwar Ibrahim said…
Well, Anwar bilang, dia udah komunikasi sama Mahatir dan menurutnya, Mahatir nggak ada hubungannya sama kelompok yang abis meeting weekend kemarin. Selain itu, Anwar juga menyebut bahwa Mahathir nggak bakalan mau kerja bareng sama rezim yang terdahulu aka UMNO.


For you’ve been hearing about middle schoolers in Yogyakarta…

I also heard things about river…
Right.
 Jadi pada Hari Jumat minggu lalu, tercatat ada sepuluh orang siswi SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta yang meninggal setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka susur Sungai Sempor.

And susur sungai Sempor is…
Kegiatan mengenal sungai, kayak potensinya, kondisinya, sampe kegiatan yang bisa dilakukan kayak bersih-bersih sungai. Sedangkan Sempor adalah nama sungai yang ada di DI Yogyakarta.

OK Go on…
Nah, jadi total murid yang ikut kegiatan susur sungai itu ada 249. Sementara itu, pembina pramuka yang mendampingi ada tujuh orang: di mana satu orang menunggu di sekolah, satu menunggu di garis finish, empat ikut turun ke sungai, dan satu lainnya ikut turun ke sungai tapi kemudian pergi karena ada keperluan.

I don’t like what I am about to read…
Well, you can skip if it’s too sad to read this early in the morning, but if you must know….
jadi emang ketika para murid ini mulai turun ke sungai, airnya masih dangkal. Namun sekitar sejam kemudian, terjadilah hujan deras sehingga air sungai tiba-tiba menerjang para murid, dan sebagian besar hanyut terbawa arus. Kejadian ini menyebabkan 10 siswi meninggal dunia, dua orang lainnya masih hilang, dan 23 mengalami luka-luka.

OMG, that’s horrible…
Iya, kata kakak seorang korban, susur sungai itu dilakukan tanpa perencanaan dan persiapan sebelumnya dan langsung dilakukan pada hari itu juga, minus properti keamanan dan izin orangtua. Bahkan kepala sekolah SMPN 1 Turi juga mengaku gak tahu kalo ada kegiatan itu.

How was the weather though?
Bad. It was raining heavily and very windy. 
BMKG sebelumnya juga udah nyampein peringatan dini bahwa akan terjadi hujan pada siang hingga sore hari itu. Bahkan di tengah penyusuran sungai ketika cuaca mendung dan warga sekitar udah ngasih peringatan, namun kegiatan tetap dilanjutkan atas instruksi pembina.

So, who’s been held accountable for this?
Well, so far Polda DIY udah memeriksa 13 orang pada hari itu dan esoknya menetapkan satu orang sebagai tersangka, yaitu pembina pramuka yang juga guru olahraga. Hal ini karena menurut polisi, dialah orang yang bertanggung jawab menentukan lokasi susur sungai dan kemudian meninggalkan para siswi di tengah kegiatan.

Who else?
Kemarin, Polda DIY menetapkan dua orang lain sebagai tersangka; yang satu adalah guru, sedangkan yang lain merupakan pembina pramuka dari pihak luar sekolah. Menurut polisi, keduanya memiliki Kursus Mahir Dasar (MKD) Pramuka, sehingga seharusnya mereka paham gimana keamanan kegiatan kepramukaan.


For when you think that there’s always a new update on corona virus every day…

Gambar: sky news

And today is no exception.
Karena kemarin, Italia baru aja ngumumin bahwa udah ada lima warganya yang meninggal dunia akibat coronavirus. Adapun yang baru meninggal ini adalah seorang pria berumur 88 tahun dari sebuah kota kecil bernama Caselle Landi di daerah Lombardy.

Tell me more…
Sebelumnya, pria berumur 84 tahun dari Bergamo juga meninggal karena terjangkit coronavirus. FYI, semua korban meninggal di Italia karena coronavirus berusia di atas 75 tahun. Jumlah ini membuat Italia jadi negara dengan jumlah kematian tertinggi di luar Asia. Sementara itu, warga yang disebut positif mengidap coronavirus di Itali jumlahnya udah melewati 200 orang, most of which nggak abis dari China.

Whoaaaa what has the local government done about this?
Jadi… 11 kota—sepuluh di Lombardy dan satu di Veneto— udah di-lockdown dan sekitar 50.000 warganya dilarang keluar. Pemerintah setempat juga udah melarang warganya buat ngumpul di bar, restoran, atau klub.

Ada pengaruhnya gak sih ke kehidupan warga sana?
Well… if you’re a football fan, sejumlah pertandingan Serie A sih ditunda. Sementara itu, jadwal Milan Fashion Week yang sedang berlangsung pun terganggu. Bahkan desainer Giorgio Armani secara mengejutkan menutup pintu bagi para penonton sebagai tindakan preventif penyebaran virus ini. Emang sih, Armani tetap menggelar fashion show-nya, tapi tanpa dihadiri penonton.

What about in Asia?
Well, moving back to Japan, jumlah WNI yang positif kena coronavirus di Jepang bertambah menjadi sembilan orang. Mereka adalah kru kapal pesiar Diamond Princess yang sedang dikarantina di Yokohama. Adapun total WNI yang bekerja di kapal layar itu ada 78 orang.

Did they say anything?
Yep. Kemarin, mereka meminta tolong kepada Pak Presiden Jokowi buat segera dipulangkan karena sampai saat ini belum ada kepastian kapan mereka akan dijemput, padahal negara lain kayak India dan Filipina udah terkonfirmasi jadwal penjemputannya, yaitu kemarin dan hari ini.

What else did they say?
Intinya mereka minta banget untuk dijemput secepatnya karena nggak mau tertular virus corona mengingat jumlah kasus positif corona di Diamond Princess yang bertambah tiap harinya. Mereka bilang, mereka sangat takut ibaratnya dibunuh pelan-pelan :(((.


Who’s just got a dresscode note?

Gambar: kompas

Well, I know that “On Wednesdays, we wear pink”.
Not you, Regina George. 
Tapi para anggota DPR RI. Jadi kemarin, Ketua DPR Mbak Puan Maharani bilang bahwa dia berharap para anggota DPR di Senayan bakal mengenakan Pakaian Sipil Lengkap aka PSL pas lagi meeting sama pemerintah atau pas lagi rapat paripurna. Adapun PSL yang dimaksud adalah kalo buat anggota dewan yang cowok, pake jas, kemeja lengan panjang, dasi dan sepatu hitam, sedangkan buat cewek adalah jas juga, kemeja putih, rok atau celana panjang yang warnanya sama ama jas dan sepatu hitam. Mbak Puan bilang, rencana aturan dresscode ini muncul supaya para anggota dewan berpenampilan lebih serius dan menghormati mitra kerja dari pemerintah. Mbak Puan juga bilang bahwa rencana ini bukan sekedar masalah penampilan, tapi juga merupakan bentuk penghormatan.


“I spent more than US$8,600 on cheesecake in less than 10 years. It is my guilty pleasure. I love Junior’s cheesecake, it’s the best cheesecake in the world.”

Whooooa so many cheesecakes in one sentence, right? Tapi beneran gengs, begitu kira-kira kata anggota senat Amerika Serikat dari dapil New York, Chuck Schumer pas ngomongin soal makanan kesukaannya, cheesecake alias kue keju. Schumer menyatakan cintanya itu di depan para wartawan kemarin (24/2) sebelum kemudian bagi-bagiin kue tersebut ke para jurnalis yang hadir. Tonton video cute-nya opa Schumer yang lagi menyatakan cintanya pada cheesecake di sini yuk…

In the meantime… go find someone who loves you as much as Mr. Chuck (bukan Bass) loves Cheesecake…