Sebanyak 44 Personel Satgas Garuda RI Dikerahkan ke Australia

83

For when you’re being a good neighbor…

Gambar: KUMPARANnews

Indonesia, too.
Sabtu kemarin, Indonesia baru aja ngirim bantuan ke Australia untuk membantu mengatasi kebakaran hutan di negara tersebut yang udah terjadi sejak September tahun lalu.

Tell me more. 
Olrite.
Jadi Indonesia mengirimkan bantuan, namanya Satgas Garuda RI, yang terdiri dari 44 personel. Adapun para personel ini terdiri dari jajaran TNI AU, AD, dan AL, terus juga ada perwakilan dari Kemenlu dan BNPB. Sabtu kemarin, Satgas ini cusss dari Bandara Halim Perdanakusumah dan dilepaskan langsung oleh Panglima TNI Pak Hadi Tjahjanto.

Alasannya apa sih kita ngirim bantuan?
Kata Pak Hadi sih, karena Australia adalah tetangga kita yang juga udah berulang kali ngirimin bantuan buat Indonesia pas kita lagi mengalami bencana alam. Selain itu, Indonesia dan Australia juga punya perjanjian, namanya Traktat Lombok yang isinya adalah kerjasama dan saling ngasih bantuan kalo terjadi peristiwa bencana maupun hal-hal darurat di kedua negara.

Terus nanti tugas mereka di sana apa?
Pastinya sih membantu penanganan karhutla dan membuka akses ke jalur dan pemukiman warga yang terdampak karhutla. Selain itu, Pak Hadi juga minta para TNI ini untuk selalu koordinasi sama petugas setempat karena mereka yang paling tau lapangan.

Terus Satgas Garuda ini bakal berapa lama di Ostrali?
Rencananya sih bakal satu bulanan ya, tapi ada kemungkinan nambah, tergantung sikon aja. Siapa tau masih dibutuhkan bantuan untuk karhutla ini.

Catch Me Up! on Australia’s fire…
Jadi sejak September tahun lalu, Australia mengalami bencana kebakaran hutan yang besar banget dan telah membakar lebih dari 18 juta hektar lahan dan menyebabkan tewasnya 33 orang. Selain itu, diprediksi ada lebih dari 1 miliar hewan yang mati karena habitat mereka yang hancur dan supply makanan yang tidak tersedia. Padahal, Australia terkenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan biodiversitasnya yang paling beragam di dunia.