Sebanyak 238 WNI Pulang ke Daerah Masing-masing Setelah Menjalani Observasi di Natuna Kepulauan Riau

73

Hello, welcome back to Monday! It’s finally sunny in February and here’s your today’s catch up! from over the weekend…

Gambar: ANTARANEWS.com

First stop, Natuna.
Yep yep, Sabtu kemarin, 238 WNI yang baru balik dari China akhirnya kembali ke daerah asal mereka masing-masing setelah menjalani masa observasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

It’s about the coronavirus, I guess?
Correct. Jadi pada 2 Februari lalu, para WNI ini dipulangkan dari China ke Indonesia setelah terjadi corona outbreak yang bermula dari negeri tirai bambu tersebut. Nah, pas nyampe ke Indonesia, para WNI yang kebanyakan mahasiswa ini segera menjalani masa observasi dan dikarantina selama dua minggu di Hanggar Lanud Raden Sadjad Ranai, Kabupaten Natuna, untuk mengantisipasi penyebaran coronavirus.

So everything’s good?
Yep. Para WNI ini kemudian dipulangkan ke daerahnya masing-masing lewat Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Emang para WNI ini berasal dari mana aja?
Totalnya mereka berasal dari 30 provinsi, dan paling banyak adalah dari Jawa Timur, yakni 68 orang. Dari jumlah ini, diketahui juga bahwa ada 158 orang perempuan dan 80 orang laki-laki.  Terus kalo usia, yang paling muda adalah lima tahun dan paling tua adalah 64 tahun.

Does anyone have a say about this?
Yep, Pak Jokowi. Jadi dalam keterangannya, beliau bilang bahwa seluruh WNI yang diobservasi di Natuna berada dalam keadaan sehat dan siap untuk kembali ke keluarganya. Selain itu, pihak Istana juga minta masyarakat untuk menyambut kembalinya para WNI ini dengan tulus dan ikhlas.

Any other updates on coronavirus?
Yep, update sampe tadi malam, jumlah orang yang udah tertular coronavirus adalah 69,260 jiwa di seluruh dunia, dengan at least 1,666 orang meninggal. Terus ada juga soal kapal pesiar Diamond Princess yang udah beberapa minggu ini dikarantina di pelabuhan Yokohama, Jepang, dan udah confirmed bahwa ada 355 penumpangnya yang positif terjangkit coronavirus. We’ll keep you updated.