Rencana Menteri BUMN Erick Thohir Menginginkan Anak Muda di Posisi Direksi Perusahaan BUMN

71

Hello Thursday! You are thiiiiiis close to the weekend, so get up, get on the door because your new job awaits…

Gambar: Liputan 6

Hah new job apaaa?
New job opening.
Mehehehe. Jadi kemarin, Menteri Negara BUMN Pak Erick Thohir bilang bahwa dirinya berencana menempatkan anak muda di posisi direksi perusahaan BUMN.

I hear him calling my name…
Right? Jadi Pak Erick bilang, dari 142 BUMN yang ada, kalo ada 10 aja direksi yang diisi anak muda, itu bakal bagus banget. Meski begitu, Pak Erick bilang bahwa pemilihan direksi nggak bisa dilakukan seenaknya. Meaning, teteup harus ada assessment dooong…

I see, go on…
Selain itu, Pak Erick juga nyontohin soal penunjukan putra daerah Papua baru-baru ini, namanya Claus Wamafma yang kini menjabat sebagai direktur di PT Freeport Indonesia. Menurutnya, penunjukan Pak Claus ini dilakukan dengan transparan dan terbuka, dan begitu juga buat anak muda.

Pak Claus who?
Claus Wamafma. Jadi Pak Claus ini adalah anak Papua pertama yang jujuk di posisi direksi di PT Freeport Indonesia. Beliau adalah lulusan Teknik Industri ITB dan emang udah bekerja di perusahaan tambang tersebut selama 20 tahun.

20 yearssss?

Yep. Beliau gabung sama Freeport melalui graduate program di tahun 2009 dan abis itu kariernya nanjaaaak terus. Jabatan terakhirnya sebelum jadi direktur adalah SVP di bagian Corporate Social Responsibility (CSR), aka yang ngurusin berbagai kegiatan CSR perusahaan tersebut.

I am now updating my CV…
Great.
And just FYI, dalam kesempatan meeting sama DPR RI kemarin, Pak Claus yang juga hadir di rapat itu bilang bahwa sebenernya dia nggak kepikiran bakal jadi direktur di PTFI. Beliau juga menyebut bahwa saat ini, udah banyak anak Papua yang menjabat di level eksekutif di PT Freeport, yaitu ada 10 orang di level eksekutif dan lebih dari 40 orang di level manager.