Puluhan Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah Semuanya Berasal dari Indonesia Bagian Timur

130

For when you only talk in your local languange with your grandma…

20200224-5

Try to speak in more often. Karena menurut data dari Kemendikbud yang disampaikan minggu kemarin, diprediksi bahwa bakal ada 25 bahasa daerah di Indonesia yang terancam punah. Hal ini diketahui dari hasil kajian Kemendikbud terhadap 90 bahasa dari total 718 bahasa daerah yang ada di Indonesia baru-baru ini.

Dari kajian itu, diketahui bahwa di tahun 2017 lalu, udah ada 11 bahasa daerah yang punah, terus ada enam bahasa yang dikategorikan kritis, di mana penuturnya cuma ada sedikit dan berusia di atas 40 tahun. Selanjutnya ada 25 bahasa lainnya juga terancam punah karena penuturnya berusia di atas 20 tahun, dan finally, ada juga 26 bahasa daerah berstatus aman, kayak Bahasa Jawa, Sunda, Minangkabau, Biak, Bugis, Madura, Bali dan masih banyak lagi.
FYI, bahasa yang punah maupun terancam punah ini semuanya berasal dari Indonesia bagian timur, kayak Papua, Maluku, Maluku Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Menurut Kemendikbud, bahasa di wilayah ini lebih rentan punah karena emang kebudayaan di Indonesia Timur lebih kental, hingga beda desa aja bisa bikin beda bahasa. makanya penutur bahasanya jadi lebih sedikit dan lebih mudah punah.

Kitu ceunah.