Primaries, Penentuan Calon Presiden AS dari Dua Partai Politik Besar

80

For when you’ve been wondering about the US elections…

Gambar: Koam News Now

Well, we’re not there yet, but we’re close.

Saat ini, dua partai di Amerika Serikat, yaitu Partai Republik dan Partai Demokrat, lagi menggelar primaries (and in some state, caucus) untuk menentukan siapa calon presiden yang bakal mereka usung di Pilpres tahun ini.

I am gonna need some background.

You got it. Jadi sebelum akhirnya punya calon kandidat buat bertarung di pilpres, kedua partai ini bakal melakukan pemilihan internal dulu (think of: Misalnya kamu punya suara yang bagus banget, terus kamu jago nyanyi, terus kamu mau mewakili kampusmu untuk #kampusidol 2020. Nah, untuk bisa sampe ke tingkat nasional, tentunya kamu harus bisa ngalahin pesaing-pesaing kamu yang jago nyanyi juga di kampus donk?)

I see. So the campuses are the parties?

Correct. sebut aja ada Kampus D untuk Partai Demokrat, dan Kampus R untuk Partai Republik.

So I assume I have a lot of competitors…

That’s also correct, especially for the Dems aka Demokrat. Jadi awalnya, calon capres dari Partai Demokrat ini ada 29 orang (Kalo kamu sering denger nama Bernie Sanders, Pete Buttigeig *aslik dia ganteng gengs*, Elizabeth Warren, sampe Andrew Yang, nah mereka bersaing di partai ini). Sedangkan dari Partai Republik ada tiga orang (Trump, Bill Weld, dan Joe Walsh *semua ini bapak-bapak, middle-agedwhite men*). Nah kemarin, AS baru aja menggelar primary di salah satu statenya, namanya New Hempshire, and it’s kinda changed things a lot…

Hold on, so New Hampshire is…

The roadshow. Jadi untuk didukung secara nasional, kamu bakal keliling ke semua daerah untuk minta dukungan (Remember, the US has 50 states, dan New Hampshire ini baru state kedua yang menggelar primary).  Nah, siapa yang dapet dukungan paling banyak, dia yang bakal didukung partainya untuk compete secara nasional.

Got it. So, New Hampshire…

Yep, kayak yang kita sebut sebelumnya, New Hampshire ini baru state kedua yang di-roadshow-in sama para kandidat capres. Sedangkan state pertamanya adalah Iowa di mana untuk Partai Demokrat, mantan walikota Southbend di Indiana, Pete Buttigeig, mendapatkan suara terbanyak. Sedangkan di New Hampshire, kandidat yang menang adalah Bernie Sanders. Dengan total peserta yang tinggal delapan orang lagi, banyak pengamat yang bilang bahwa kandidat kuat untuk maju jadi capres dari Demokrat adalah di antara dua orang itu tadi.

How about the Republican?

Mehehe Trump menang telak di New Hempshire gengs. Perbandingan suaranya jauh banget, yaitu 85,6 persen buat Trump dan 9,1 persen buat pesaing terdekatnya, Bill Weld. Sedangkan pesaing Trump lainnya, yaitu Joe Walsh, udah mengundurkan diri dari persaingan setelah pas kaukus pertama di Iowa kemarin cuma dapet dukungan sebesar 1 persen.

Whoaaa thank you, next…

Yep, next we will be heading to Nevada, yang bakal menggelar kaukus pada 22 Februari mendatang. Dengan persaingan di kubu Demokrat yang makin memanas *mimin dulu #berniebros tapi sekarang galau*, bakal makin asyik nih, kita ikutin terus perjalanan “America’s next top president” selanjutnya.

Packing to Nevada, lanjut ke Las Vegaas…