Pendataan Sensus Online Mulai 15 Februari Sampai 31 Maret 2020, Yuk Cek Nama Kamu!

73

Who’s saying, “We’re counting (on) you?”

Gambar: Kontan.co.id

My family, of course. I am the breadwinner.

Mehehehe not that.
It’s the BPS aka Badan Pusat Statistik yang minggu lalu baru aja memulai proses Sensus Penduduk 2020. Sensus ini bakal berlangsung terus secara online sejak 15 Februari sampe 31 Maret mendatang, dilanjutkan secara offline selama Juli 2020.

I am gonna need some background.
OK. Jadi Sensus Penduduk ini adalah proses pencatatan data kependudukan yang dilakukan terhadap seluruh warga Indonesia. Sensus ini dilakukan buat dapetin karakteristik populasi kita saat ini, dan dalam aturannya, sensus dilakukan 10 tahun sekali. Selain itu, kata Kepala BPS Suhariyanto, diadakannya sensus ini demi menuju satu data kependudukan Indonesia.

Tell me more.
Terkait kegiatan ini, Pak Jokowi bilang bahwa sensus ini penting banget, so important that he created its own video… here.

Why is it important?
Karena kata Pak Jokowi, informasi yang kita kasih itu bakal menentukan kebijakan pembangunan ke depannya sehingga pemerintah bisa tahu daerah mana aja yang butuh penambahan fasilitas pendidikan, kesehatan, transportasi, dll. Selain itu, Pak Jokowi juga minta masyarakat ngasih data kependudukannya dengan jujur, biar hasil #sensus2020 ini akurat.

What data do they need, exactly?
Macem-macem, mulai dari data tempat tinggal kamu, sampe data keluarga. If you have 5 to 10 minutes, terus sekarang lagi megang KTP dan nomor KK, cuss yuk isi datamu di sini. Still a better way to kill your time  than scrolling your ex’s cousin’s Instagram post from 134 weeks ago. 

I am not doing that in my spare time…
No judging, but if you can’t fill it up online, BPS juga melakukan sensus secara offline, aka datang ke rumah-rumah. Dalam sensus offline ini, petugas bakal dateng dan wawancara langsung penduduk untuk disensus. Totalnya, baik online atau offline, bakal ada 21 pertanyaan yang ditanyakan.

Whoaa datengin ke rumah satu-satu?
Yep, that’s why BPS rencananya bakal buka lowongan buat 390 ribu orang petugas tenaga lepas untuk melakukan door-to-door survey. Masih kata Pak Suhariyanto, untuk bisa jadi petugas ini, syaratnya adalah lulusan minimal SMA, dan diumukan di masing-masing daerah pada April mendatang.

Olrite. Anything else?
Well,
rencananya, hasil akhir dari #sensus2020 yang akan berupa data kependudukan ini bakal dirilis pada 2021. Hasil ini juga rencananya bakal dikasi ke kementerian dan lembaga terkait untuk bikin program masyarakat kayak kebutuhan pangan, tempat tinggal, sampe lapangan pekerjaan.