Parasite, Film Non-English Pertama Memenangkan Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Oscars 2020

84

It’s Tuesday! While it’s finally sunny here in our HQ, we also would like to take you to sunny Hollywood…

Gambar: NY Times

AKA The Oscars.

Recap, recap. Siapa kemarin yang ketinggalan acara penghargaan perfilman paling bergengsi se-Hollywood ini? *Iya, Hollywood aja because #oscarsowhite this year*. Well, no worries, because we’ll get you the recap!

OK great. Walk me through.

So, yesterday was a great day for Parasitefilm non-English pertama yang berhasil memenangkan kategori Best Picture dalam 92 tahun sejarah Oscars. Selain Best Picture, Parasite juga memenangkan tiga kategori lain; yakni Best Original Screenplay, Best Director, dan Best International Feature Film.

Whoa. What is this movie about?

We also hate spoilers, so here’s just a little hint: Katanya sih soal class discrimination antara kelompok orang kaya dan orang miskin di Korea Selatan. Udah segitu aja ah. Kalo belum nonton dan mau tau lanjutannya, nonton aja di bioskop karena lagi diputer ulang di CGV.

Huft baiklah. Terus apa lagi?

Selain Parasite, film lain yang berhasil menyabet penghargaan di Academy Awards tahun ini adalah film 1917 yang meraih tiga penghargaan, serta film Once Upon a Time in Hollywood, Ford vs. Ferrari, dan Joker, yang masing-masing meraih dua piala.

What about the actors and actresses?

We’re getting there. Jadi untuk nominasi aktor terbaik, pemenangnya adalah Joaquin Phoenix dalam film Joker, dan pemeran aktris terbaik adalah Renee Zellweger untuk perannya di film Judy.

Meanwhile…

Untuk aktor pemeran pendukung terbaik, pemenangnya adalah Brad Pitt di film Once Upon a Time in Hollywood, dan untuk kategori aktrisnya adalah Laura Dern dalam film Marriage Story.

I heard something about diversity, too…

Oh yeah, diversity. Jadi emang for years, the Academy has been criticized for being too white and too masculine. Tadi malam, dua orang pembuka acara, yaitu Steve Martin dan Chris Rock, meng-address isu ini. Dalam sambutannya, mereka menyebut bahwa cuma ada satu nominee dari empat kategori aktor dan aktris unggulan di Academy Awards yang diisi oleh pemeran non-white, yakni Cynthia Erivo dalam perannya di film HarrietMeanwhile, 19 nominasi lainnya diisi oleh orang kulit putih. Also, (un)surprisingly, nggak ada satu pun individual actor or actress dari film Parasite yang mendapatkan nominasi di empat major categories tadi.

Urgh. We don’t accept discrimination structurally, and we don’t accept it spiritually.

Amen to that. And so does Natalie Portman. Tahun ini, sutradara cewek nggak dapet satu pun nominasi Academy Awards, so Portman decided to do something about that. Aktris yang memenangkan piala Oscar untuk perannya di film Black Swan (2011) itu datang dengan mengenakan gaun yang ada nama-nama sutradara ceweknya. Kata Portman, dia pengen ngasih pengakuan atas kerja keras para sutradara cewek yang nggak dapet penghargaan dari Oscars tahun ini.