Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak Meninggal Dunia pada Usia 91 Tahun

70

Who’s making headlines in Egypt?

Gambar: sky news

Who?
Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak meninggal dunia.

Innalillahi… what happened?
Hosni meninggal ketika menjalani operasi di rumah sakit militer di Kairo dalam usia 91 tahun, tapi gak disebutin alasan kenapa dia harus menjalani operasinya.

Skim me his resume. 
Well, let’s start with the good ones. Di bawah kepemimpinannya sebagai presiden selama 30 tahun (bukan, bukan lagi ngomongin mantan presiden Indonesia) Mubarak berhasil meningkatkan dan menumbuhkan ekonomi Mesir. Selain itu, Mubarak juga kerap disanjung atas peran aktifnya dalam menjadi perantara perjanjian damai antara Israel dan Palestina.

And the bad ones?
Human right violations. 
Secara Mobarak ini juga disebut-sebut sebagai seorang diktator, dia banyak menghadapi berbagai dugaan pelanggaran HAM, kayak menggunakan hukum darurat militer untuk menghantam lawan politiknya, hingga memerintahkan pembunuhan atas 900 orang warganya sendiri saat kejadian Arab Spring. Selain itu, tahun-tahun terakhir hidupnya, Mobarak juga dihabiskan untuk menghadapi tuduhan korupsi dan abuse of power.

So, what happened to him?
Jadi Mubarak kemudian terguling dari kekuasaannya di tahun 2011 lewat momentum Arab Spring, yaitu merupakan aksi unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan warga Mesir untuk menuntut Mubarak mundur. Setelah 18 hari berlangsung, unjuk rasa yang diikuti oleh ribuan orang di Lapangan Tahrir itu menyebabkan tewasnya 900 orang warga Mesir akibat tindakan represi aparat keamanan, dan oleh pengadilan, Mobarak dinyatakan bersalah atas tragedi ini.

So, after the Arab Spring…
Mubarak kemudian sibuk menghadapi berbagai tuntutan hukum dan sempat dipenjara juga selama enam tahun, sebelum akhirnya dibebaskan pada tahun 2017 karena kondisi kesehatannya yang kian menurun. Abis bebas, Mubarak spent his time bareng keluarga di tempat tinggalnya yang ada di kawasan mewah di Kairo, sampe beliau meninggal. The end.