Kementrian Kesehatan Singapura Mengumumkan Ada WNI Positif Corona

77

For when you’ve been hearing corona virus for a while now…

Image

Gambar: Liputan 6

Here’s the latest update. Warga Negara Indonesia (WNI) udah ada yang positif corona.

Whaaaat?

Yep, Hari Selasa lalu, Kementerian Kesehatan di Singapura mengumumkan bahwa ada seorang WNI berjenis kelamin perempuan dan berusia 44 tahun yang positif terdeteksi virus corona. Selain itu, ditemukan juga bahwa ibu-ibu ini nggak abis berkunjung ke China.

Terus gimana bisa tertular?

Diduga sih karena kontak langsung yang terjadi antara dia dengan majikannya. Nah, majikannya ini juga sebenernya nggak abis berkunjung ke China, cuma pernah suatu hari, dia beli obat ke toko obat-obatan China yang pengunjungnya adalah turis dari negeri tirai bambu tersebut.

Terus…

Nah abis pulang dari situ, si majikan yang merupakan seorang cewek berumur 28 ini mulai deh mengalami demam dan sakit tenggorokan. Dia kemudian ke dokter dan setelah menjalani pemeriksaan, dia diizinkan pulang karena nggak terdeteksi pneumonia. Setelah istirahat di rumah selama beberapa hari dan sakitnya nggak sembuh-sembuh, cewek ini balik lagi ke dokter dan this time, dia langsung terdeteksi kena virus corona. Dokter kemudian langsung memerintahkan dia untuk diisolasi.

Go on. 

Nah yaudah. Setelah majikannya terdeteksi positif corona, si WNI langsung dijemput otoritas terkait dan setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan bahwa dia juga positif terdeteksi virus corona. Kini, WNI-nya lagi menjalani perawatan di ruang isolasi Singapore General Hospital.

Terus, pemerintah kita ada komentar nggak?

Ada donk. Kata Duta Besar Indonesia di Singapura I Gde Ngurah Swajaya, WNI yang positif corona ini udah mendapatkan perawatan medis dan pemerintah juga terus koordinasi sama otoritas Singapura dan rumah sakit tempat WNI ini dirawat. Selain itu, KBRI setempat juga mengimbau WNI untuk tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Terus, WNI ini bakal balik ke Indonesia?

Kalo kata Kemenkes sih, WNI tersebut baru boleh pulang kalo udah di-declare sembuh. Kalo belum sembuh ya belum boleh pulang.