Italia Melakukan Lockdown di Beberapa Kota Terkait Penyebaran Virus Corona, Lima Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

105

For when you think that there’s always a new update on corona virus every day…

Gambar: sky news

And today is no exception.
Karena kemarin, Italia baru aja ngumumin bahwa udah ada lima warganya yang meninggal dunia akibat coronavirus. Adapun yang baru meninggal ini adalah seorang pria berumur 88 tahun dari sebuah kota kecil bernama Caselle Landi di daerah Lombardy.

Tell me more…
Sebelumnya, pria berumur 84 tahun dari Bergamo juga meninggal karena terjangkit coronavirus. FYI, semua korban meninggal di Italia karena coronavirus berusia di atas 75 tahun. Jumlah ini membuat Italia jadi negara dengan jumlah kematian tertinggi di luar Asia. Sementara itu, warga yang disebut positif mengidap coronavirus di Itali jumlahnya udah melewati 200 orang, most of which nggak abis dari China.

Whoaaaa what has the local government done about this?
Jadi… 11 kota—sepuluh di Lombardy dan satu di Veneto— udah di-lockdown dan sekitar 50.000 warganya dilarang keluar. Pemerintah setempat juga udah melarang warganya buat ngumpul di bar, restoran, atau klub.

Ada pengaruhnya gak sih ke kehidupan warga sana?
Well… if you’re a football fan, sejumlah pertandingan Serie A sih ditunda. Sementara itu, jadwal Milan Fashion Week yang sedang berlangsung pun terganggu. Bahkan desainer Giorgio Armani secara mengejutkan menutup pintu bagi para penonton sebagai tindakan preventif penyebaran virus ini. Emang sih, Armani tetap menggelar fashion show-nya, tapi tanpa dihadiri penonton.

What about in Asia?
Well, moving back to Japan, jumlah WNI yang positif kena coronavirus di Jepang bertambah menjadi sembilan orang. Mereka adalah kru kapal pesiar Diamond Princess yang sedang dikarantina di Yokohama. Adapun total WNI yang bekerja di kapal layar itu ada 78 orang.

Did they say anything?
Yep. Kemarin, mereka meminta tolong kepada Pak Presiden Jokowi buat segera dipulangkan karena sampai saat ini belum ada kepastian kapan mereka akan dijemput, padahal negara lain kayak India dan Filipina udah terkonfirmasi jadwal penjemputannya, yaitu kemarin dan hari ini.

What else did they say?
Intinya mereka minta banget untuk dijemput secepatnya karena nggak mau tertular virus corona mengingat jumlah kasus positif corona di Diamond Princess yang bertambah tiap harinya. Mereka bilang, mereka sangat takut ibaratnya dibunuh pelan-pelan :(((.