Indeks Perkembangan Anak dari WHO

890

Oh hi, Friday. We miss you. Today, let’s Catch Up! while you’re planning last minute Saturday brunch with your squad…

But before…

Dataviz. Today we decided to act like a responsible adult (read: slept 7 hours last night, ate good dinner, aaaaand talked about kids because nothing screams responsibility louder than having a kid, right? *for us, we’re good with cats, thanks*)

Anywayyyy, dalam Dataviz kali ini, kita bakal ngomongin soal indeks World Health Organization (WHO) soal tumbuh kembang anak. Heran gak kenapa kita tiba-tiba ngomongin soal anak? Jadi gini gengs, semalam, we came accross laporan terbaru WHO soal indeks kesehatan dan kesejahteraan anak di seluruh dunia, and, bummer, peringkat Indonesia ada di nomor 117 dari total 180 negara yang diteliti. Another bummer, ternyata ranking Indonesia ini berada jauh di bawah negara-negara tetangga kayak Singapura (12), Malaysia (44), Vietnam (58), Thailand (64), Filipina (110 dunia), dan Kamboja (114) *HAH KAMBOJA?*

Laporan WHO tadi juga mengimbau negara-negara untuk membuat kebijakan yang melindungi kesehatan, gizi, serta hak anak, dan juga memasukkan kepentingan anak dalam proses pembuatan kebijakan.

Advertisement