Hasil Survei Menunjukan Publik Puas Atas Kinerja Kabinet Indonesia Maju (KIM) Jokowi-Ma’ruf

598

Who’s just getting their report cards back?

Gambar: KOMPAS.com

Kabinet Jokowi-Ma’ruf.
Kemarin, lembaga survei politik, namanya Indobarometer, baru aja ngerilis hasil evaluasinya atas 100 hari pemerintahan Pak Jokowi dan Kyai Ma’ruf Amin.

So what do the teachers say?
Uhmmm more like the evaluators kali yha. Well, to start off, we got an A for the ketua kelas aka Pak Jokowi. Jadi menurut hasil surveinya, katanya 70,1 persen publik puas atas kerjaan Pak Jokowi sebagai presiden. Angka ini naik dari survei yang dilakukan di tahun 2015 lalu, di mana tingkat kepuasan publik terhadap RI-1 ada di angka 57,5 persen.

Ok, go on…
And then we have the report cards for the rest of the class. Untuk overall performance dari Indonesian Cabinet class of 2020 aka Kabinet Indonesia Maju (KIM), angka kepuasannya ada di 54,4 persen.

What about individual performance?
We’re getting there. Jadi untuk menteri yang paling populer, ranking satu ditempati oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Pak Prabowo Subianto. Kata surveinya Indobarometer, Pak Prabowo jadi nama menteri yang paling populer dibanding menteri-menteri lain dengan angka 18,4 persen. Hal ini tentunya dipengaruhi juga oleh the fact that beliau pernah nyapres sebanyak dua kali sebelum jadi menteri.

And the runner ups?
We also have Menkeu Bu Sri Mulyani yang jadi menteri paling populer kedua setelah Pak Prabowo dengan persentase 10,6 persen, disusul oleh the new kid on the block

Advertisement
aka pendatang baru, Menteri BUMN Pak Erick Thohir, dengan angka 8,2 persen.

Go on…
We have the report cards for the best performence, individually. Menurut publik, menteri yang kinerjanya paling memuaskan adalah, jeng jeeeeng…masih Pak Prabowo dengan angka 26,8 persen, juga disusul sama Bu Ani dengan 13,9 persen, dan Pak Erick dengan 12,6 persen. Berada di posisi keempat adalah Menkopolhukam Prof. Mahfud MD dengan angka 7,3 persen, dan Mendikbud Mas Nadiem dengan 5,2 persen.

Meanwhile….
Kyai Ma’ruf, we need to talk. We just received your report card, and it doesn’t look as stunning. Hasil survei tadi juga menyebutkan bahwa angka kepuasan publik terhadap kinerja Wapres Kyai Ma’ruf Amin berada di angka 49,6 persen, jauh lebih kecil dibanding angka yang diterima Pak Jokowi, dan worse juga dibandingin nilai mantan wapres sebelumnya, Pak Jusuf Kalla, pada 2015, yang meraih angka kepuasan kinerja sebesar 53,3 persen.

I see. Anything else I need to know?
Well, in case you’re wondering
, survei ini dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden pada 9-15 Januari 2020. Selain itu, teknik pengumpulan data adalah berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

Good luck next semester!

Advertisement