Hasil Penelitian Nature Geoscience Menunjukkan Lapisan Es di Greenland Mencair Semakin Cepat

81

It’s Wednesday, and today, let’s take a look on another alarming sound of global warming…

Gambar: CNN

About the glacier in Greenland.

Another day, another worrying news about our mother nature aka the earth. Hasil penelitian yang baru aja dirilis sama Nature Geoscience menunjukkan bahwa mencairnya lapisan es di Greenland bisa terjadi makin cepat karena ditemukan sesuatu…

Yakni…

Saluran air bertempratur hangat yang mengalir di bawah lapisan es tadi. To give you a picture, jadikan udah nih, lapisan es yang ada di permukaan Greenland itu emang mencair lebih cepat karena efek rumah kaca yang menyebabkan tempratur bumi meningkat. Tapi ternyata, nggak cuma dari permukaan, tapi di bawah permukaan es-nya juga mereka mencair lebih cepat karena suhu air laut yang meningkat.

I probably skipped my geography class in high school.

We’ll break it down for you. Jadi lapisan es yang ada di Arktik (Greenland termasuk Arktik) ini penting banget untuk membantu memoderasi stabilitas cuaca di bumi. Selain itu, es Arktik yang mencair could also mean: kenaikan permukaan air laut yang makin tinggi, pemanasan global yang terjadi semakin cepat, sampe kemungkinan semakin seringnya terjadi bencana alam. In a nutshell, ice melting in the Arctic is not a good thing.

Ok, back to the research…

Nah, jadi para peneliti baru aja menemukan ada aliran air bertempratur hangat di bawah lapisan es yang ada di Greenland, tepatnya di Nioghalvfjerdsfjorden Glacier (you baca ulang you lose). Aliran ini terbentang sejauh 50 miles dan nyambung ke Samudra Atlantik. Para peneliti juga menemukan bahwa dengan adanya aliran ini, air laut bertempratur hangat yang berasal dari Samudra Atlantik bisa mengalir jauh ke permukaan es di Arktik dan menyebabkan es mencair lebih cepat, yha karena panasnya dari atas bawah.

Should I be worried about this?

Well, yep. Karena what happens in Arctic do not stay in Arctic. The world is an interconnected system, jadi of course makin cepatnya es mencair di Arktik ngaruh juga sama kita-kita di negeri +62 ini. Beberapa efek alam yang bisa terjadi karena fenomena melting Arctic ini adalah cuaca yang makin nggak menentu, heavier rainfall (yang literally heavy-nya nggak nyantai), permukaan daratan yang makin mendekat ke laut aka tenggelam sampe berkurangnya tangkapan ikan buat para nelayan kita.

What can I do about this?

Banyak kok. Idenya kan untuk mengurangi pemanasan global, jadi you can do it by kurangin jalan-jalan bawa kendaraan sendiri (less bensin means less emisi gas rumah kaca, karena salah satu penyebab utama pemanasan global adalah dari hasil produksi fossil fuel kayak minyak, gas, sampe batu bara). Terus juga matiin listrik kalo lagi nggak dipake (again, batu bara), dan kalo emang tujuanmu masih bisa diakses sama kendaraan umum, sering-sering pake kendaraan umum aja (Naik MRT pas jam-jam berangkat kerja itu mata seger banget sih LOL).

Check out more on how to show mother earth some love, here.