Guna Mengurangi Penyebaran Virus Corona, WHO Mengajukan Dana Sebesar US$675

105

Who’s just come up with a new medical program budget?

Gambar: CNN

WHO.

Who?

Ya WHO, aka World Health Organization *krik krik*.

Kemarin, WHO baru aja ngajuin dana sebesar US$675 juta kepada negara-negara anggotanya untuk membantu mengantisipasi makin luasnya penyebaran corona virus ke berbagai negara. Menurut WHO, kalo nggak invest di pencegahan dari sekarang, maka dikhawatirkan cost yang harus dibayar bakal lebih besar lagi.

Emang kata WHO, dananya mau dipake buat apa?

Pastinya sih membantu pencegahan penyebaran virus corona negara-negara yang healthcare system-nya lemah, terus juga untuk mendiagnosa dan merawat pasien yang emang udah terdeteksi corona, menghindari penyebaran virus dari orang ke orang, dan melindungi para tenaga medis.

Go on…

Untuk membahas lebih jauh soal penanggulangan corona virus ini, para scientist WHO rencananya bakal meeting di Geneva, Swiss pada 11-12 Februari mendatang. Meeting ini juga bermaksud untuk bahas lebih jauh terkait upaya penyembuhan dan pengembangan vaksin corona.

I see. Any updates on the medicine, though?

Lagi berusaha dikembangkan di mana-mana, but the progress is slowww. Di China, para dokter melaporkan bahwa beberapa kasus corona yang udah sembuh diobatin pake paduan antara obat influenza dan obat anti-HIV, tapi gaada laporannya berapa orang yang udah sembuh dengan penggunaan kedua obat ini. Terus minggu lalu, pemerintah China juga baru aja merilis jenis obat-obatan tradisional yang bisa dikonsumsi untuk nyembuhin corona, although keampuhannya belum terbukti.

Anything else I should know?

Sejauh ini, virus corona udah menyebar ke makin banyak negara, gengs. Jumlah pasien yang confirmed tertular corona secara global udah mencapai 28,275 orang, dengan sekitar 28,000-nya merupakan warga China. Selain itu, saat ini udah ada 565 orang yang meninggal karena corona virus, dengan masing-masing satu kasus di Filipina dan Hong Kong, dan sisanya di China.