Diduga Melakukan Pelanggaran, Presiden AS Donald Trump Lolos dari Pemakzulan

80

JUST IN: TRUMP BARU AJA DIBEBASKAN DARI SEGALA TUNTUTAN PEMAKZULAN. 

Literally like jam 4.30 AM tadi subuh, Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang dalam beberapa waktu terakhir ini lagi menghadapi sidang pemakzulan ternyata udah fix lolos dari pemakzulkan. Jadi dalam sidang senat yang digelar semaleman tadi, para senator dari Partai Demokrat (jumlah anggotanya 45+2 orang independen) dan Republik (jumlah anggotanya 53 orang) melakukan voting terkait apakah Trump harus di-impeach karena dua dugaan pelanggaran, yaitu abuse of power dan obstruction of congress aka menghalangi penyelidikan kongres. Hasil voting akhir terkait impeachment ini adalah 48-52 untuk abuse of power, dan 47-53 untuk obstruction of congress. Dengan hasil ini, maka Trump udah fix nggak jadi di-impeach.

Hasil ini sebenernya udah diprediksi sih, karena senat ini mayoritasnya adalah dari partai Republikaka partai pendukungnya Trump. Sidang semalam juga menandai berakhirnya proses upaya impechment Trump yang udah berlangsung selama lima bulan terakhir. Next stop buat para senator: reses.

Kepo lebih jauh soal impeachment? Check out our A to Z brief on Trump’s impeachment here and here and congrats on being the latest US Politics expert on this weekend’s brunch! 😉