BNPT Berencana Memulangkan Ratusan WNI Eks ISIS ke Tanah Air

68

Hello, It’s Tuesday. If you’ve been hearing “I am coming home…” so many times lately, please also meet…

Gambar: Europe Post

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang rencananya juga bakal mulangin 600 WNI yang sempat bergabung dengan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) ke tanah air.

Hah kata siapa?

Kata Menteri Agama Fachrul Razi. Jadi dalam suatu acara yang digelar di Ancol minggu lalu, Pak Fachrul bilang bahwa dalam waktu dekat ini, BNPT bakal mulangin 600 orang yang tersesat dan gabung sama ISIS dan sekarang lagi berada di Timur Tengah.

Y tho’.

Kata Pak Fachrul sih, para WNI ini bakal balik ke Indonesia karena kepentingan kemanusiaan. Selain itu, beliau juga bilang bahwa merupakan kewajiban bagi masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan membina para WNI eks-ISIS ketika mereka pulang ke Indonesia.

Terus…

Pak Fachrul juga menjelaskan bahwa para teroris ini bisa bikin orang baik jadi orang jahat dalam waktu dua jam aja, namun untuk bikin orang jahat jadi orang baik, maka waktu dua tahun juga belum tentu cukup. Karenanya, beliau juga mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi eks teroris ini, biar mereka bisa balik lagi jadi warga negara Indonesia yang baik.

Ini udah fix nih rencananya?

Belum sih. Kata Kepala BNPT Suhardi Alius, hingga saat ini masih belum ada kesepakatan final soal rencana pemulangan ratusan WNI eks ISIS ini. Menurut Pak Suhardi, rencana ini masih dalam tahap pembahasan dengan beberapa instansi terkait.

Does anyone else has a say?

Yep, Kepolisian RI. Kata polisi, mereka nantinya akan memverifikasi dan memprofil bekas anggota ISIS untuk diliat apakah mereka beneran WNI. Selain itu, hasil profiling dan kajian strategis tadi akan dilanjutkan dengan program deradikalisasi, untuk mastiin bahwa orang-orang ini nggak menyebarkan paham ISIS di Indonesia.