Angka Pengangguran AS Berada di Posisi Paling Rendah Sejak 50 Tahun Terakhir

96

Thursday, Thursday. Today, we will take you to the land of the free and the home of the brave. Psssst, no visa required!

Image

Gambar: CNN

If you have too many drama in your life, wait until you hear the story of SOTU, aka the State of the Union

Huh? What is that?

Jadi State of The Union adalah pidato kenegaraan di Amerika Serikat yang disampaikan sama Presiden di depan para anggota kongres secara rutin setiap tahun. Pidato ini biasanya ngebahas soal pencapaian apa yang udah berhasil diraih dan planning ke depannya mau ngapain aja nih. Ya, kalo di kita kayak pidato presiden tanggal 16 Agustus gitu gengs, di mana presiden ngasih pidato di depan DPR.

Ok I see…

Nah kemarin, Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato SOTU-nya di hadapan para anggota Kongres. Dalam pidato itu, Trump meng-highlight berbagai pencapaian dari pemerintahannya dalam berbagai bidang kayak ekonomi, keamanan, kebijakan luar negeri, sampe imigrasi.

More details would be helpful.

You got it. Jadi dalam pidatonya yang berlangsung selama 78 menit itu, topik yang lumayan lama dibahas Trump adalah soal pencapaian ekonomi. Trump bilang bahwa di bawah pemerintahannya, ekonomi AS berada pada kondisi terbaik, angka pengangguran berada pada posisi paling rendah dalam 50 tahun terakhir, dan para pekerja juga mengalami kenaikan gaji.

Beneran tuh?

Soal pengangguran? Bener sih. Jadi emang di era-nya Trump, angka rata-rata pengangguran ada di 4%, tapi angka ini emang warisan dari Presiden Obama yang ketika dia cabs dari White House, angka pengangguran ada di angka 4,8%. Bandingin sama pas pertama kali Obama jadi presiden, waktu itu “warisan” unemployment rate dari pemerintahan sebelumnya, yaitu presiden Bush adalah 7,8 persen. Ntaps emang ni anak Menteng.

I see, terus apa lagi yang menarik dari SOTU-nya Trump?

Uhmmm Trump juga bahas soal kejadian corona virus di China dan bilang bahwa pihak US udah koordinasi sama pemerintahan China untuk melindungi warga negaranya dari wabah ini. Trump selanjutnya menyampaikan targetnya di bidang kesehatan, yaitu untuk menghapuskan wabah penyakit AIDS dari AS pada tahun 2030.

Isu internasionalnya donk.

Well, dalam SOTU-nya itu, Trump juga bilang bahwa pemerintahannya baru aja menyetujui perjanjian sama China terkait lapangan kerja dan intellectual property. Trump bilang, hubungan US sama China sekarang adalah “the best we ever had.” Trump juga ngebanggain pencapaian negaranya dalam menegakkan demokrasi di negara-negara kayak Kuba, Nicaragua dan Venuezuala. Ga lupa, Trump juga nyebutin soal kekuatan militer AS yang budget terbarunya mencapai US$ 2,2 Trilyun. WOW.

Got it. Terus katanya ada drama-drama yah pas SOTU?

Yhaaa banyak, dan mayoritas dateng dari para anggota kongres dari Partai Demokrat (Trump didukung Partai Republik). Jadi para Dems ini ada yang duduk aja, ada yang nggak ikutan tempuk tangan, ada yang walkout, dan bahkan ada yang nggak dateng sama sekali, kayak anggota kongres termuda asal New York, Alexandra Ocasio Cortez, dan anggota kongres dari Massachusetts Ayanna Pressley.

However…

There’s drama, and there’s Pelosi-Trump drama. Jadi sebelum Trump menyampaikan SOTU-nya, Pelosi yang duduk di belakang Trump ngajak salaman, tapi dikacangin. Terus pas udah selesai pidato, Pelosi tertangkap kamera dengan santai ngerobek-robek teks pidatonya Trump. Kejadian ini juga ngingetin kita sama kejadian SOTU setahun yang lalu, di mana Pelosi ngasih tepuk tangan sarkas gitu ke Trump.

Whoaa alasannya apa kok Pelosi begitu?

“Itu udah yang paling sopan, dibandingin alternatif lainnya,” Kata Pelosi pas diwawancara wartawan nggak lama setelah SOTU berakhir.

Tonton klip robek-robekannya di sini deh gengs. Asli dramatis banget, kayak kamu kalo lagi ngerobek tagihan kartu kredit mehehehe