Update Terbaru Sebanyak 12 Negara Terconfirmed Kasus Coronavirus

98

Hello Monday! Akhirnya yhaaa gajian juga. So go ahead, grab your fancy coffee latte while we’re giving you some updates…

Gambar: tempo.co

On coronavirus.
We’re getting more nervous.
Update paling baru banget nih gengs, jumlah korban meninggal karena virus ini telah mencapai 56 orang dari total 1.975 kasus.

You talked about this on your Dataviz last week. Any development since then?
Over the weekend, banyak perkembangan yang terjadi soal coronavirus ini, di antaranya adalah total lockdown aka penutupan 15 kota yang ada di China, larangan penjualan hewan liar yang baru aja di-announce sama pemerintah China kemarin, dan penambahan personil kesehatan sebanyak 1,600 orang untuk menangani para pasien di Wuhan. Oh iya, rumah sakit baru yang berkapasitas 1,000 kasur juga lagi buru-buru dibangun di Wuhan yang rencananya bakal selesai pada 3 Februari nanti.

Whoa sounds like things escalated quickly…
They do. 
Otoritas kesehatan di China juga baru aja ngumumin (literally like baru semalem banget), bahwa virus ini bisa menular bahkan sebelum penderitanya menunjukkan tanda-tanda sakit. Meaning, bisa aja orang yang keliatannya sehat tau-tau udah menularkan virus ini ke orang lain. Hal ini juga makin ngasih kita gambaran soal betapa mudahnya virus ini menular. Menurut para dokter, hal inilah yang bikin penyebaran coronavirus ke berbagai negara jadi cepet banget.

Berbagai negara?
Yep, so far, udah ada 12 negara yang confirmed menemukan kasus coronavirus; yaitu China, Australia, Prancis, Jepang, Malaysia, Singapura, Nepal, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Hah terus Indonesia? 
Kata Menteri Kesehatan dr. Terawan sih enggak ada suspect ya. Beliau juga bilang bahwa pemerintah udah waspada banget dalam mengantisipasi biar virus ini nggak masuk ke Indonesia, salah satunya dengan cara memperketat tes-tes kesehatan baik di pelabuhan maupun bandara. Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga udah melarang penerbangan yang dilakukan oleh maskapai nasional dari dan ke Wuhan selama satu bulan.

Wait, katanya di Jambi ada yang suspect?
Enggak sih, Kemenkes udah nge-confirm bahwa pasiennya kena influenza aja.

Terus kalo WNI yang lagi di China?
Iya ada. Jadi at least, ada 93 orang mahasiswa dan WNI asal Indonesia yang lagi berada di Wuhan. Pihak KBRI di Beijing juga udah confirmed bahwa para WNI ini nggak ada yang tertular coronavirus.

Pemerintah China ada komentar nggak soal Corona Virus ini?
Ada. Kata Presiden China Xi Jinping, saat ini China lagi mengalami kondisi yang serius, namun dirinya yakin bahwa China bisa menghadapi wabah ini dengan baik melalui pencegahan dan kontrol.

Anything else I should know?
Kemarin, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus ngumumin bahwa dirinya bakal datang ke China untuk membantu terkait penanganan coronavirus ini. Selain itu, sejauh ini PBB juga belum mengumumkan situasi darurat atas tersebarnya virus ini ke berbagai negara.