Tilang Elektronik, Tenaga Kerja Honorer, Apartemen Dibakar, RIP Kobe, Yusri Yunus

95

It’s Tuesday, January 28th. If you ride or drive to work, here’s what you need to pay attention to…

Gambar: merdeka.com

Tiati kalo bawa motor atau mobil sambil main hape, gengs. Karena kalo ketauan, kamu bisa kena tilang elektronik.

Hah gimana, gimana?
Iya, jadi kemarin, Polda Metro Jaya baru aja bilang bahwa para pengendara yang ketauan main hape sambil bawa motor bakal kena tilang elektronik. Nah, hukuman yang bisa diberikan ke orang-orang yang kena tilang ini bisa didenda atau hukuman penjara.

What? More explanation would be helpful…
You got it. Jadi, kemungkinan hukuman maksimalnya adalah kurungan selama tiga bulan dengan denda Rp 750.000. Masih kata Polda Metro Jaya, hukuman ini juga berlaku buat mereka yang main hape sambil nyetir mobil. Aturan tilang elektronik ini rencananya bakal berlaku pada 1 Februari mendatang.

Berlakunya di seluruh Jakarta?
Belum sih, so far baru di ruas Jalan Sudirman-Thamrin, koridor 6 TransJakarta yang ada kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Catch Me Up! on ETLE…
Jadi ETLE ini adalah jenis tilang elektronik di mana orang-orang yang ketauan melanggar aturan lalu lintas bakal diproses secara elektronik. Mekanismenya, setelah ter-capture melakukan pelanggaran, si pelanggar bakal dikirimin surat konfirmasi, dan dia harus ngasih konfirmasi balik.

Kalo enggak…
Kalo nggak, STNK-nya bakal diblokir. Polisi bilang sih so far, udah ada 45 kamera ETLE yang dipasang di beberapa titik kayak di Kota Tua, Hayam Wuruk, Gajah Mada, Medan Merdeka Barat, Thamrin-Sudirman, dan Blok M. Aturan ini juga bakal berlaku untuk kendaraan yang platnya bukan B, dan bakal berlangsung selama 24 jam.

Repeat after us: no drunk-driving, no text-driving, no youtube-an while driving *ada, serius*


Who’s saying “We’re not hiring anymore…”

Gambar: iNews.id

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Phew, try to read it in one breath) aka Kemenpan RB.

What? Why?
Jadi wiken kemarin, Menteri PAN-RB Mas Tjahjo Kumolo bilang bahwa pemerintah bakal menghapus tenaga kerja honorer di seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Hah tenaga kerja honorer apa sih?
Jadi tenaga kerja honorer itu adalah tenaga kerja yang bukan PNS dan bukan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), jadi upahnya berupa honor aja, bukan gaji.

Terus kenapa diapus?
Amanat undang-undang, beb. Jadi dalam peraturan soal Aparatur Sipil Negara aka UU ASN, disebutin bahwa yang termasuk ke dalam ASN adalah PNS dan PPPK, jadi selain itu nggak diatur dan harus dihapuskan.

I see. How many are we talking about?
About 438.590 people. Dari angka ini, komposisi paling banyak adalah staf administrasi yang mencapai 269.400 orang dan guru sebanyak 157.210 orang. Pemerintah sendiri udah melakukan pengurangan pegawai honorer dengan melakukan pengangkatan honorer jadi PNS sejak tahun 2005. Dari jumlah awal yang sekitar satu jutaan, sekarang sisanya yang empat ratusan ribu tadi.

Sooooo how’s the process going to be like?
Well, Kemenpan-RB sendiri udah melarang rekrutmen tenaga honorer di berbagai instansi, baik di daerah maupun pusat. Rencananya, keberadaan tenaga honorer ini akan dihapus sepenuhnya pada 2023. Jadi ada masa transisi tuh, sampe 2023.

Terus buat yang udah keburu jadi pegawai honorer gimana dong?
Ya pemerintah udah mendorong tenaga honorer untuk ikutan CPNS aja, atau kalau umurnya udah ga masuk (CPNS maksimal 35 tahun), ya mereka bisa ikut seleksi PPPK.

Terus kalo nggak lolos dua-duanya?
Yha belum tau ya. Pemerintah sendiri belum mastiin gimana nasib tenaga honorer yang nggak lolos seleksi CPNS dan PPPK. Jadi nggak tau tuh, kalo udah lewat batas waktu lima tahun, pegawai honorer tersebut bakal diberentiin atau enggak.

Who’s saying “We disagree!”
Banyak, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Mas Ganjar Pranowo. Menurutnya, saat ini aja tenaga guru masih kurang, nanti yang mau ngajar siapa? Selain itu, ekonom dari INDEF Bhima Yudhistira juga bilang bahwa kalo tenaga honorer diapus, maka hal itu bisa menyebabkan ledakan pengangguran, khususnya di daerah.


For when things are getting more intense in Hong Kong…

Hari Minggu kemarin, satu unit bangunan apartemen dibakar warga.

What? why?
The coronavirus outbreak. Jadi awalnya, pemerintah Hong Kong berniat untuk menjadikan bangunan apartemen, namanya Fai Ming Estate yang terletak di daerah Fanling, sebagai tempat sementara untuk mengkarantina orang-orang yang baru balik dari China dan diduga membawa virus corona.

Terus…
Hal ini kemudian diprotes warga karena lokasi apartemen tersebut yang terlalu dekat dengan pemukiman masyarakat dan sekolahan. Publik Hong Kong juga mendesak pemerintahnya untuk segera menutup perbatasan antara Hong Kong dengan China untuk menghindari penyebaran virus mematikan tersebut.

Emang saat ini gimana?
Saat ini, yang dilarang untuk masuk ke Hong Kong adalah orang-orang dari Wuhan, Provinsi Hubei aja, di mana virus ini pertama kali ditemukan. Sejak kemarin, Hong Kong juga udah menetapkan larangan buat orang-orang yang baru travelling selama empat belas hari terakhir dari dan ke Hubei untuk masuk ke negaranya, though this rules does not apply to Hong Kong citizens. Masih belum tau nih, larangan ini bakal berlaku berapa lama…

Ok, back to the fire…
Ya gitu. Awalnya, warga yang nggak setuju dengan kebijakan tersebut melakukan aksi protes yang berujung dengan pelemparan bahan peledak ke dalam kompleks bangunan. Untungnya, api segera bisa ditaklukkan oleh petugas pemadam kebakaran. Atas protes ini, pemerintah Hong Kong kemudian menunda rencana soal karantina tadi..

How bad is the situation there, sih?
Quite bad. Saat ini, Hong Kong udah memberlakukan status “public emergency” yang merupakan status alert tertinggi di negara itu gara-gara coronavirus. Sejauh ini, udah ada 77 orang di Hong Kong yang diduga tertular, dan 107 orang lainnya yang sedang dikarantina.

What’s adding more anxiety?
The economy situation.
Sebagai salah satu pusat ekonomi di Asia, ekonomi Hong Kong udah minus banget gara-gara demo anti-pemerintah yang berlangsung selama tujuh bulan berturut-turut sejak tahun lalu. Belum selesai soal demo ini, coronavirus kemudian terjadi di Hong Kong dan bikin wilayah yang ekonominya tergantung banget sama tourism (Disneyland Hong Kong udah tutup sampe waktu yang tidak ditentukan) dan bisnis retail itu makin terpuruk.

2020 has been too intense for some of us 🙁


What’s the NBA world mourning about?

The death of Kobe Bryant.
Kemarin, legenda basket kelahiran Philadelphia, Amerika Serikat, ini meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter yang juga menewaskan anak perempuannya, Gianna, yang berusia 13 tahun. Selain Kobe dan Gianna, tujuh orang lainnya juga dinyatakan meninggal dalam kecelakaan helikopter yang terjadi di Calabasas, California, itu. Hasil penyelidikan di lokasi jatuhnya helikopter menunjukkan bahwa penyebab kecelakaan adalah kabut tebal dan kerusakan mesin pesawat. Sepanjang kariernya di NBA, Kobe telah memenangkan lima kali juara NBA bersama LA Lakers dan meraih 18 kali NBA All-star. Our most treasured memory of Kobe? The Mamba Mentality, a mindset to be always in a constant effort to be the best version of ourselves.

Kobe will always be remembered…


“Pelan-pelan dong.”

Kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat ngomentarin kinerja jajarannya yang belum juga berhasil mengungkap identitas pemilik akun Twitter @digeeembok. Kata Yusri, pihaknya harus hati-hati dalam menyelidiki siapa sosok di balik akun ini, biar nggak salah. In case you don’t live in the Twitter-universe, akun @digeeembok ini adalah akun anonim yang sering ngasi info soal skandal di Garuda Indonesia, mulai soal dirutnya, sampe pramugarinya.

Ini Pak Polisi atau kamu pas lagi PDKT sama gebetan sih?


Love Letter Catch Up!

Catchers: Dear catchmeup team, why you guys make friday as a Dataviz-day? and what it is Dataviz-day? How about another day? Does that mean you guys will make a specific nickname for each day?

CMU! HQ: Halooo! Dataviz pertama kali dibuat dengan ide bahwa: 1) berita tidak harus selalu disajikan dalam bentuk tulisan, 2) picture worth a thousand words, dan 3) data harus mencerdaskan bangsa (Amri dulunya pernah lama kerja bareng BPS, jadi terbawa motto-nya mereka deh hehe). Nah, dari situ akhirnya lahirlah dataviz yang isinya bukan cuma infografis (informasi yang disajikan dalam bentuk grafik/gambar) namun bagaimana kita bisa menggunakan data yang ada untuk bercerita lebih banyak tentang suatu peristiwa/isu tertentu. Why Friday? Karena biasanya hari Jumat itu lebih santai di kantor/kampus dan lebih sedikit kerjaannya (gak berlaku untuk semua orang :p), jadi kita pikir cocok lah kalo kita taruh sesuatu yang lebih bisa membuat orang berpikir dari dataviz. Aaaaaand no, sesuai namanya, Dataviz Friday will only be available on Fridays, so see you in three days! XD

-Amri-

(Our most favorite part of the day is to know what you think about our newsletter. Thus, we have created this section where you can ask our founder (Haifa) and cofounder (Amri) anything about Catch Me Up! Shoot away your questions here and get a chance to be featured. See you again tomorrow!