Semarang Kota Pariwisata Terbersih versi ATF 2020

82

Who’s just got an award for being clean?

Gambar: Liputan 6

Me. I bathe every morning.
Wrong. It’s Semarang.
Jadi minggu lalu Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah itu, baru aja dinobatkan sebagai kota tujuan wisata paling bersih di Asia Tenggara dalam ajang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020. Rencananya, Semarang juga bakal memegang gelar ini selama dua tahun, sampe 2022.

Cool! Give me some background…
Jadi kata perwakilan Pemkot Semarang, gelar ini diraih kota tersebut setelah melalui penilaian langsung yang dilakukan oleh tim ATF yang berkunjung ke Semarang. Dalam penilaian itu, yang disurvei nggak cuma tempat wisata, tapi juga aspek-aspek lain terkait pelestarian lingkungan.

Kayak apa tuch…
Yhaaa kayak contohnya, Semarang saat ini udah punya total 259 taman dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), baik milik swasta maupun pemerintah. Selain itu, Semarang juga disebut sebagai kota yang paling less-polluted dibanding kota-kota lain di Jawa Tengah.

Soooo what’s next?
Kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sih, kota yang lumpianya enak-enak banget itu bakal berupaya mempertahankan gelar ini dengan terus menjalankan program-program ramah lingkungan. Ada pun program yang dimaksud di antaranya adalah kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, pengurangan emisi kendaraan, sampe meningkatkan keberadaan RTH sampe di atas 30 persen.